Peringati Hari Lingkungan Hidup, AHY Pimpin Penanaman 100.000 Pohon Serentak se-Indonesia

Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memimpin penanaman 100.000 bibit pohon serentak se-Indonesia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (5/6). (Foto: sinarpagibaru.com)

KAB.BEKASI, Sinarpagibaru.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memimpin kegiatan penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia dalam rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring di Komplek Perkantoran Kabupaten Bekasi, Rabu (05/06/2024).

“Kementerian ATR/BPN sebagai salah satu elemen penting dari pemerintah turut menghadirkan solusi dalam semangat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kami lakukan secara serentak penanaman 100 ribu pohon di seluruh Indonesia, dan ini mudah-mudahan bisa berkontribusi pada lingkungan hidup kita, kata Menteri AHY di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (5/6).

Adapun jumlah pohon yang ditanam di masing-masing daerah berjumlah 200 pohon. Di Kabupaten Bekasi sendiri, terdapat dua jenis pohon yang ditanam di atas tanah kosong seluas satu hektare, yaitu 180 bibit pohon mahoni dan 20 bibit pohon buah.

Baca Juga :  Menteri PANRB Hadiri SKP dan Tinjau Hunian ASN di IKN

AHY mengatakan penanaman ini merupakan bentuk semangat dalam upaya penghijauan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan bibit pohon mahoni dipilih karena memiliki kekhasan yakni mampu menyerap karbon dalam jumlah besar.

Dirinya berkomitmen menjadikan kegiatan tersebut bukan hanya sekadar hobi melainkan juga sebagai budaya kementerian untuk selalu menjaga keseimbangan serta kelestarian alam.

“Budaya kementerian selalu ingat juga bukan hanya mengurus pertanahan dan tata ruang tetapi ingat lingkungan juga karena ada yang harus kita kembalikan untuk bumi kita,” ucapnya.

AHY mengaku penanaman pohon ini dilakukan secara serentak oleh struktur serta jajaran Kantor ATR/BPN se-Indonesia baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota sehingga diharapkan berdampak positif bagi lingkungan.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa merespon dampak buruk kerusakan lingkungan sekaligus mendukung ‘net zero’ emisi sesuai semangat Presiden Jokowi,” tungkasnya.

Baca Juga :  Menteri Anas: Tak Ada Pemberhentian Massal Tenaga Non-ASN

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat beserta jajaran; dan Pj. Bupati Bekasi beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Bekasi. Hadir secara daring melakukan aksi nyata pelestarian lingkungan ini, seluruh jajaran dari 33 Kantor Wilayah BPN Provinsi dan 479 Kantor Pertanahan yang ada di kabupaten/kota se-Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *