Daerah  

Arus Balik Mudik Lebaran 2023 di Tiga Raja Sumut Berjalan Lancar dan Kondusif

Para stek holder dari muspika di Kota Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dalam pengamanan arus balik mudik idul Fitri 2023. (Foto: ist)

Sinarpagibaru.com – Simalungun suasana arus mudik balik Idul Fitri 1444 H tahun 2023 Kota Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara berjalan lancar dan kondusif, hal ini berkat kerjasama semua stek holder dari muspika dan semua masyarakat setempat sehingga kelihatan Indah, Bersih dan Nyaman bagi semua pengunjung yang datang dari berbagai daerah lokal, Nasional dan Internasional.

Hasil pantauan tim wartawan dilokasi melihat kelancaran arus lalu-lintas, kebersihan dan keindahan pantai cukup sejuk dan nyaman membuat pengunjung menjadi nyaman dan merasa dimanja dengan keindahan pantai Parapat Danau Toba, serta pelayanannya prima terhadap pengunjung dan memuaskan.

Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Yosua Simaibang, SP, M.Si dan Lurah Tiga Raja Agustina Siagian, A.Md ketika wartawan melakukan tugas jurnalisnya bertemu langsung di objek wisata Parapat Square belum lama ini. Sabtu (29/4/2023).

Kepala Pos Pengamanan Polsek Tigaraja Ipda Polisi Manik mengatakan sepanjang arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 2023 ini lalu lintas jalan lancar, aman dan kondusif, sekalipun ada truk yang terbalik akibat supirnya ngantuk langsung kita evakuasi dengan cepat, sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

Hingga berita ini diturunkan, situasi keamanan dan lalu lintas aman, kondusif dan terkendali, sehingga pengunjung bisa berwisata ke pantai Parapat dengan tenang dan nyaman, ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Tigaraja Agustina Siagian, A.Md saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, situasi arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 2023 hingga saat ini kondusif.

“Kami selaku Kelurahan berharap kepada semua pengunjung agar menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya yang telah kami sediakan di masing-masing tempat, supaya tercipta kebersihan dan keindahan pantai. Bagi para pengunjung khususnya yang membawa kendaraan roda dua dan roda empat agar memparkirkan kendaraannya dengan baik dan benar, supaya tercipta lalu lintas yang lancar dan nyaman. Saya juga berharap semua pedagang kaki lima supaya dagangannya ditata dengan rapi dan indah, agar tidak mengganggu pengunjung yang datang berwisata.” imbuh Agustina.

Baca Juga :  Permudah Pengaduan Pelayanan Publik, Kementerian PANRB Sosialisasikan SP4N-LAPOR! pada Pemudik

Lanjutnya, sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023 kami juga sudah memberikan edukasi, pencerahan kepada semua pedagang kaki lima, tukang parkir dan lain-lain agar berjualan dan bekerja sebaik-baiknya. Saya selaku Lurah berharap kepada semua pedagang supaya sopan dan santun dalam melayani para pengunjung yang membeli dagangannya serta menjual dengan harga yang tidak terlalu mahal, agar pembeli tidak kapok untuk membeli lagi di kemudian hari nantinya untuk datang kembali.

Saya juga menghimbau kepada pengunjung tetap waspada dengan barang-barang yang dibawa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, dan jangan lupa mari kita sama-sama menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

“Kami atas nama Kelurahan Tigaraja mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1444 H – 2023 M, mohon maaf lahir dan batin semoga kita sehat selalu dan sukses, tetap semangat”, ungkapnya dengan senyum.

Camat Girsang Sipangan Bolon, Maruwandi Yosua Simaibang, yang sedang terjun dan memantau langsung situasi arus balik lebaran idul fitri 2023 mengatakan, wisata di daerah kami agak menarik tahun 2023 ini, karena cukup panjang kalau dikalkulasikan dari tanggal cuti bersama tanggal 19 sampai tanggal 25 itu satu minggu kemudian ada hari terjepit tiga hari Rabu – Jumat yang sudah disampaikan Presiden Joko Widodo untuk bagi para pihak yang berpotensi untuk mengajukan cuti agar diajukan tidak tertumpuk arus mudik balik.

“Ternyata seperti yang Kami perkirakan karena sangat terjepit tingkat volume pengunjung yang datang juga terbagi secara merata setiap hari, jadi tidak menumpuk selama 1 hari yang biasanya terjadi pada tahun-tahun sebelumnya yang biasanya terjadi penumpukan. Pantauan di daerah kami setiap hari merata dan lancar kondusif setiap minggu dengan baik dan menjadi rapi pengunjung, juga bisa terlayani dengan baik seluruh pelaku wisata dan pelaku usaha hingga saat ini tidak ada kami temukan permasalahan.” ujarnya.

Baca Juga :  Menteri LHK: Selamat Mudik Lebaran, Tetap Mudik Minim Sampah

Hasil pantauan awak media, Camat terjun langsung ke lapangan untuk memantau dan mengawasi jalur lalu lintas arus lebaran 2023 dan melihat langsung kondusif, aman serta lancar.

“Seharusnya saya dan keluarga berlibur namun kami tetap bekerja untuk memantau arus mudik dan balik lebaran tahun 2023 ini. Di hari lebaran 2023 ini ditemukan sampah sekitar 30 ton setiap harinya kami akan membuang dan membersihkannya supaya pengunjung wisata nyaman dan bersih”, ungkapnya.

Salah satu Pengunjung yang sedang berwisata Kepala Sekolah SMA Cerdas Bangsa Leni Sinaga, S.Pd yang sedang mengadakan acara perpisahan tahun ajaran 2022-2023 mengatakan, kita mengadakan acara dari semalaman dengan menginap semalam, kebersihannya cukup bagus dan bersih serta indah, kedepannya saya berharap untuk ditingkatkan lagi, baik pelayanannya pun perlu ditingkatkan ke depannya.

“Harga penginapan cukup terjangkau dan sesuai harga, serta pelayanan penginapan cukup bagus, makanannya luar biasa enak, ungkapnya.

(Budiman/Lilis/Dessy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *