Daerah  

Bersama Ketum PSBI, Bupati Samosir Napak Tilas Sejarah ke Dolok Simbolon

Efendi Simbolon bersama Bupati Samosir, Vandico T Gultom

SAMOSIR, sinarpagibaru.com – Bupati Samosir bersama Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) Effendi MS Simbolon serta Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga melakukan kegiatan Napak Tilas dan memperkenalkan kepada punguan Simbolon ke Dolok Simbolon Kec. Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Minggu (25/6). Turut hadir mendampingi Bupati Samosir Staf Ahli Bupati Samosir Hut Isasar Simbolon, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Pariwisata Tetty Naibaho.

Kegiatan Napak Tilas merupakan rangkaian dari agenda Rapat Kerja Gabungan Wilayah (RAKERGABWIL) PSBI Tahun 2023 yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 25-26 Juni 2023 di Sapadia Hotel Pematang Siantar. Napak Tilas merupakan Gagasan dari Ketum PSBI untuk menggelorakan semangat tinggi generasi penerus guna menjaga harkat dan martabat leluhur sekaligus rangkaian dari kegiatan RAKERGABWIL. Kegiatan ini di mulai dari Jalan Simbolon Pematang Siantar menuju kampung Dolok Simbolon Kabupaten Simalungun yang di ikuti oleh pengurus PSBI pusat dan 96 pengurus PSBI wilayah se-Sumatera Utara.

Baca Juga :  Laela Nur Pratiwi, Ketua RW 05 Bojong Menteng Tebar Ikan Lele 3 Kwintal

Ketum PSBI Effendi MS Simbolon menyampaikan bahwa kehadirannya dalam napak tilas di Gunung Simbolon bukan untuk mengklaim atau mengakui Dolok Simbolon sebagai tanah leluhurnya.

“Ini milik kita semua bangsa Indonesia. Jadi yang kami lakukan adalah memberikan apresiasi kepada masyarakat Simalungun yang telah menerima leluhur kami hadir di Nagori Dolok Simbolon,” Ujarnya.

Ketum PSBI juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga keberagaman dan kebersamaan. “Kita harus melihat ini sebagai putra putri Bangsa Indonesia yang penuh keberagaman,” ujarnya.

Selanjutnya, Effendi tidak lupa mengucapkan terimakasih, karena kehadirannya disambut dengan baik oleh masyarakat, melalui Bupati Simalungun.

“Kami berharap apa yang menjadi keinginan Bupati Simalungun dapat di dengar langsung oleh presiden, sehingga Simalungun ini dapat di perbaiki dan dibangun menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kegiatan napak tilas, dimana hal ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya batak.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Menparekraf di Dampingi Bupati Samosir ke Desa Wisata Hariara Pohan

Dalam hal ini, Vandiko sebagai Kepala Daerah Kabupaten Samosir yang merupakan titik nol peradaban Batak, merasa senang dan bangga karena kampung Simbolon ternyata ada di Kabupaten Simalungun. Oleh karena itu Beliau berharap kepada Bupati Simalungun berkenan untuk bersama menjaga situs budaya Batak yang ada di Nagori Dolok simbolon Kecamatan Tapian Dolok.

(L sijabat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *