Daerah  

Gedung Arsip BPN Depok Dibangun Juli 2023, Indra Gunawan: Target Digitalisasi 100 Ribu Bidang Tanah Diselesaikan

Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan tengah meninjau gedung arsip warkah di Jalan Boulevard Raya, Kota Kembang, Grand Depok City, Kota Depok, Jumat 5 Mei 2023. (Foto BPN Kota Depok)

Sinarpagibaru.com – Gedung Arsip BPN Kota Depok rencananya akan dibangun pada Juli 2023. Langkah ini berkat dukungan Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat.

Nantinya, dalam proses pembangunan Gedung Arsip BPN Kota Depok akan mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat.

“Kita patut berterima kasih dan bersyukur dengan komitmen Pemerintah Kota Depok dalam membantu pembangunan gedung arsip BPN Depok. Mudah-mudahan peletakan batu pertama pada bulan Juli 2023 tidak ada hambatan,” jelas Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan, Jumat, 5 Mei 2023.

Menurut Indra Gunawan, arsip pertanahan adalah data hidup. Sepanjang tanah masih ada, maka arsip tersebut penting dan sangat dibutuhkan. Penyimpanan arsip warkah ini begitu penting dan krusial.

“Begitu pentingnya arsip untuk menjaga hak milik atas tanah rakyat. Cara ini bisa meminimalisir terjadinya sengketa dan konflik pertanahan, mereduksi praktik-praktik mafia di lapangan,” jelas Indra Gunawan.

Sejalan dengan rencana pembangunan gedung arsip BPN Kota Depok, maka harus disiapkan pula sarana pendukung lainya. Salah satunya rak tempat penyimpanan data dalam melengkapi infrastruktur tata kelola arsip untuk melindungi dokumen dan informasi dari kerusakan atau kehilangan.

Dengan sistem penyimpanan yang baik dan terjamin, dokumen-dokumen penting dapat terhindar dari kerusakan akibat cuaca, kelembaban, atau serangan hewan atau serangga. Selain itu, gedung arsip BPN juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat, seperti pengamanan fisik dan teknologi, sehingga dokumen-dokumen tersebut tidak mudah dicuri atau hilang.

Baca Juga :  Lauching Arcadumas, Pj Bupati Batola Serukan Respon Cepat Aduan Masyarakat

BPN juga dapat memudahkan proses audit dan verifikasi oleh pihak eksternal, seperti auditor atau pengawas. Dokumen-dokumen yang tersimpan di gedung arsip dapat ditemukan dengan mudah dan diverifikasi kebenarannya, sehingga dapat meminimalisir risiko adanya penyimpangan atau ketidaksesuaian dalam pengelolaan informasi.

Manfaat lain dari gedung arsip BPN adalah dapat menjaga integritas dari dokumen dan informasi penting terkait pertanahan di Indonesia. Dalam era digital, data dan informasi mudah diubah atau dimanipulasi, sehingga perlu adanya perlindungan terhadap integritas dari dokumen-dokumen tersebut.

“Dengan memiliki sistem pengelolaan informasi yang baik dan terjamin, BPN dapat memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut tidak diubah atau dimanipulasi secara sembarangan,” jelasnya.

“Maka, dengan adanya gedung arsip nantinya, menuntut kreativitas kita. Bagaimana mencari dukungan dari pemerintah daerah, pemerintah pusat dan stakeholder lainnya. Agar setelah berdiri, gedung arsip BPN Kota Depok mampu difungsikan untuk mendorong percepatan transformasi digital baik Warkah/Buku Tanah serta arsip fisik lainnya,” jelasnya.

Di sisi lain, Indra Gunawan kembali mengingatkan kepada seluruh aparatur BPN Kota Depok untuk segera merampungkan beberapa pekerjaan rumah. Salah satunya, digitalisasi 100 ribu bidang tanah.

“Ini sudah mau masuk semester dua. PPK saya minta tolong disegerakan. Waktu terus berjalan dengan cepat di tengah pekerjaan yang terus menumpuk. Jangan sampai tersendat dan muncul alasan klasik. Karena di depan pekerjaan lain sudah menanti. Sadari bahwa kita adalah pelayan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  BPN Kota Depok Raih Penghargaan dari Perum Perumnas

Penegasan ini pun telah disampaikan Indra Gunawan dalam kegiatan Halal Bihalal dan Pelepasan Purna Tugas Reni Restiani sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha di Kantor Pertanahan Kota Depok, di Aula BPN Kota Depok, Kamis 4 Mei 2023.

Atas nama jajaran BPN Kota Depok, Indra Gunawan mengucapkan terima kasih, atas dedikasi, loyalitas dan kerja keras yang telah dilakukan Reni Restiani sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha hingga memasuki purna tugas.

“Sebagai ibu biasanya sudah memaafkan lebih dulu jika anak-anaknya membuat salah. Begitu pun dengan saya, mohon maaf jika terselip khilaf dan salah kata dalam proses perjalanan tugas,” ucap Indra.

“Nah, pada momentum baik di bulan Syawal ini. Saya atas nama BPN Kota Depok Indra juga mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh jajaran BPN Kota Depok,” pungkas Indra Gunawan. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *