Kantor Kemenag Karangasem Raih Penghargaan Pelayanan Publik dari Kementerian PAN RB

Doc. Kemenag

JAKARTA, Sinarpagibaru.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem Provinsi Bali meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan 2023.

Penghargaan diberikan Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas kepada Kepala Kankemenag Karangasem Bali I Wayan Serinada di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Turut hadir menyaksikan pemberian penghargaan Plt Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kemenag Nurudin dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali Komang Sri Marheni.

“Alhamdulillah kita bersyukur dan mengucapkan selamat atas capaian Kankemenag Kabupaten Karangasem. Penyediaan pelayanan publik untuk kelompok rentan saat ini menjadi salah satu perhatian Kemenag. Ini sesuai dengan arahan Menag Yaqut Cholil Qoumas,” ujar Plt Kepala Biro Ortala Nurudin, Selasa (21/11/2023).

Kankemenag Kabupaten Karangasem Bali meraih penghargaan berkat program “Melayani Kelompok Rentan dengan Nurani” atau MENTARI. Melalui program ini, Kankemenag Karangasem Bali menyiapkan berbagai sarana prasarana yang ramah kelompok rentan dalam pelayanan publiknya.

Baca Juga :  Polda Metro Jaya Apresiasi Para Habib dan Ulama Telah Berperan Jaga Kamtibnas

Kepala Kankemenag Karangasem I Wayan Serinada menyampaikan yang dimaksud dengan kelompok rentan adalah orang tua, wanita hamil, anak-anak, dan kelompok disabilitas. “Untuk melayani mereka, kami memiliki sarana khusus. Mulai dari penyiapan loket khusus, petugas yang mendampingi selama pelayanan lansia, hingga petugas yang memiliki kemampuan bahasa isyarat,” ujar I Wayan Serinada.

Kankemenag Karangasem juga menyediakan fasilitas ramah kelompok rentan seperti gedung pelayanan publik berlantai guiding block yang bisa memudahkan para tuna netra, ruang tunggu khusus, dan area parkir khusus kelompok rentan.

“Kami senang sekali apa yang telah kami lakukan mendapat penghargaan. Semoga kami bisa terus meningkatkan kualitas pelayanan ini,” ujar I Wayan Serinada.

Senada, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali Komang Sri Marheni berharap pelayanan publik yang telah dilakukan Kankemenag Karangasem dapat terus ditingkatkan. “Kalau hari ini bisa mendapatkan penghargaan untuk kategori terbaik penyedia sarana prasarana kelompok rentan, selanjutnya kita harapkan dapat juga menjadi pemberi layanan prima maupun berhasil meraih WBK/WBBM,” ujar Komang.

Baca Juga :  Rilis Logo Hari Santri 2023, Menag: Jayakan Negeri dengan Jihad Intelektual di Era Transformasi Digital

“Kita juga berharap apa yang berhasil dilakukan oleh Kankemenag Karangasem dapat menginspirasi dan ditiru oleh Kankemenag lainnya di Bali serta unit kerja Kemenag di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

(Rls/Nvr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *