Daerah  

Kanwil BPN Sumsel Lakukan Evaluasi Kinerja untuk Tingkatkan Layanan Prioritas

Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatra Selatan mengadakan Evaluasi Kinerja Semester 1 Tahun 2023, bertempat di Hotel Dewinda, Lubuklinggau, pada 31 Juli-2 Agustus 2023. (Foto: Kemen ATR/BPN)

Sinarpagibaru.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus melakukan monitoring dan evaluasi kinerja demi tingkatkan kualitas pelayanan bagi publik. Sejalan dengan itu, Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatra Selatan mengadakan Evaluasi Kinerja Semester 1 Tahun 2023, bertempat di Hotel Dewinda, Lubuklinggau, pada 31 Juli-2 Agustus 2023. Hadir secara daring membuka rapat tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana.

Dalam sambutannya, Sekjen Kementerian ATR/BPN menyinggung mengenai Program Strategis Nasional (PSN), salah satunya Reforma Agraria. Ia membahas soal bagaimana melakukan sertipikasi tanah baik itu melalui Redistribusi Tanah maupun Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Jadi redistribusi aset (tanah, red) dan sertipikasi tanah adalah bagian dari PSN yang harus kita selesaikan, di samping penyelesaian sengketa dan konflik. Harapan kita dengan redistribusi dan sertipikasi aset, sengketa akan menurun,” ujar Suyus Windayana.

Selain itu, ia juga menekankan mengenai perbaikan pengelolaan pertanahan melalui sistem pendaftaran tanah dan peningkatan pelayanan pertanahan modern, yaitu dengan transformasi digital. “Kita masuk di tengah-tengah proses dunia yang sedang berubah dan kita juga akan berubah menjadi salah satu institusi yang berstandar dunia. Kalau standar dunia itu ya semua bidang tanah harus terdaftar, tidak ada sengketa, informasinya bisa diakses publik, dan melakukan kolaborasi,” tegas Sekjen Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Serahkan 2,5 Juta Sertipikat Serentak se-Indonesia

Menurut Suyus Windayana, kolaborasi perlu dilakukan oleh Kanwil BPN dan Kantor Pertanahan (Kantah) guna meningkatkan sistem pelayanan bagi masyarakat. Untuk mengembangkan pelayanan publik yang tepat sasaran dan mudah diakses, ia juga mengatakan, perlu dilihat sejauh mana masyarakat dapat dilibatkan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kanwil BPN Provinsi Sumatra Selatan, Yuniar Hikmat Ginanjar melaporkan soal realisasi layanan prioritas di Sumatra Selatan. “Ada beberapa Kantah yang cukup bagus dan sudah hijau, dan sisanya masih dalam progres,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yuniar Hikmat Ginanjar menerangkan, ada delapan kabupaten/kota yang sudah cukup baik dalam merealisasikan layanan prioritas, yaitu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Pagar Alam, Kota Prabumulih, Kabupaten Oku Timur, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Lubuklinggau. Sedangkan, sisanya masih dalam proses hijau. Selain itu, untuk kegiatan Redistribusi Tanah, Kabupaten Musi Rawas Utara sudah memenuhi 100%.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Sumatra Selatan juga mengatakan, persoalan-persoalan yang dihadapi Kantah perlu didiskusikan secara terbuka untuk mencari solusi dan evaluasi bersama. “Kesulitan-kesulitan apa yang dirasakan nanti kita diskusikan, Insyaallah sesudah kita mendengarkan pengarahan dan pencerahan dari Sekjen, Sesdirjen, akan tambah lagi semangat kita untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tanah,” tutupnya.

Baca Juga :  BPN Kabupaten Bekasi Serahkan Ganti Rugi Tol Jakarta - Cikampek, Warga Beri Apresiasi

Adapun dalam pembukaan kegiatan monitoring dan evaluasi ini, pembacaan laporan kegiatan disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil BPN Sumatra Selatan sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan, Nurzalina. Kemudian, untuk sambutan kegiatan disampaikan oleh Kepala Kantah Kota Lubuklinggau sekaligus tuan rumah kegiatan tersebut, Dhona Fiermansyah Lubis.

Seusai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama narasumber, yakni Kepala Biro Keuangan Kementerian ATR/BPN, Agust Yulian; Sesdirjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Fitriyani Hasibuan; serta Sesdirjen Penataan Agraria, Awaludin. Turut mengikuti rangkaian kegiatan, seluruh Kepala Kantah se-Provinsi Sumatra Selatan beserta jajarannya. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *