Menteri ATR/BPN Yakin Medan Jadi Kota Lengkap Sebelum Tahun 2024 Berakhir

Menteri Hadi Tjahjanto bersama Walkot Medan Boby Nasution menyerahkan sertifikat tanah milik masyarakat hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara door to door di Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Kamis (20/07/2023). (Foto: Kemen ATR/BPN)

Sinarpagibaru.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan 10 sertifikat tanah milik masyarakat hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara door to door di Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Kamis (20/07/2023). Sembari menyerahkan sertifikat, Hadi Tjahjanto berdialog dengan warga penerima sertifikat di depan pintu rumah masing-masing penerima.

Usai menyerahkan sertifikat, kepada awak media ia mengungkapkan alasannya memilih menyerahkan sertifikat tanah secara langsung ke rumah-rumah warga. Menurutnya, dengan turun ke lapangan ia dapat memastikan apakah ada permasalahan atau tidak, terutama terkait dengan biaya, kecepatan, hingga masalah lain seperti keberadaan oknum yang melakukan pungutan liar.

“Oleh sebab itu, ini bagian dari sample wilayah Medan yang saya nilai untuk proses PTSL-nya, semuanya berjalan lancar karena pemerintah daerah dan BPN juga turun ke lapangan untuk mengecek secara langsung,” kata Menteri ATR/Kepala BPN di lokasi.

Baca Juga :  Saksikan Penandatangan MoU, Menteri ATR/BPN Siap Membantu DIY Menjadi Provinsi Lengkap

Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN mengharapkan Kota Medan segera menjadi Kota Lengkap. Menurut laporan yang ia dapat, sejauh ini 80% bidang tanah di Kota Medan sudah terdaftar. “Untuk menjadi Kota Lengkap memang harapan kami itu segera, tapi diawali dari Desa Lengkap. Oleh sebab itu, saya turun ke desa ini untuk melihat proses sertifikasi berjalan baik. Mudah-mudahan segera menjadi Desa Lengkap,” ujarnya.

Meskipun tersisa sekitar 20% bidang tanah yang belum terdaftar, Hadi Tjahjanto meyakini dengan proses pendaftaran yang telah berjalan baik di lapangan, Medan dapat menjadi Kota Lengkap sebelum tahun 2024 berakhir.

Hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kegiatan penyerahan ini, Anggota Komisi II DPR RI, Ongku P. Hasibuan; Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Utara, Askani; Kepala Kantor Pertanahan Kota Medan, Reza Andrian Fachri; dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *