Mudahkan Masyarakat, BPN Jakarta Pusat Ciptakan Inovasi Layanan Pertanahan

Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Jakarta Pusat, Sigit Santosa. (Foto: ist)

Sinarpagibaru.com – Inovasi layanan yang dicetuskan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, Sigit Santosa dalam mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat patut diacungi jempol.

Setelah sukses mendeklarasikan Jakarta Pusat sebagai Kota Lengkap tahun 2023, Kantor Pertanahan Kota Jakarta Pusat memiliki inovasi layanan seperti Quid Win yaitu layanan prioritas penyelesaianya dalam waktu tertentu.

Adapun layanan Quid Win yaitu – Pencabutan Roya, Peralihan, SKPT, Pendaftaran SK, Perubahan Hak, Pengecekan Sertifikat, dll.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Jakarta Pusat, Sigit Santosa mengatakan, pelayanan pertanahan Quid Win dikhususkan untuk pemohon langsung.

“Layanan Quid Win BPN Jakarta Pusat rangking pertama se-Kantah DKI Jakarta, dan kami terus berupaya untuk berada terdepan di tingkat nasional ” ujar Sigit Santosa di Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Sigit menyebutkan, layanan prioritas di BPN Jakarta Pusat mendapat rangking pertama se Kantah DKI Jakarta, dan sebagai cerminan Kota Lengkap yang dideklarasikan di Jakarta Pusat. “Kita sudah implementasikan, terbukti layanan BPN Jakarta Pusat cepat dan berkualitas”, ujarnya.

Baca Juga :  Kunjungi Papua, Menteri ATR/BPN Akan Serahkan Sertipikat bagi Masyarakat Hukum Adat dan Rumah Ibadah

Kemudian, ada juga layanan Julapat (Tujuh Layanan Cepat) yang diadopsi sebagai Quit Win untuk nasional.

Lebih lanjut, Sigit mengatakan inovasi pelayanan pertanahan lainya yang ada di BPN Jakarta Pusat diantaranya Pelataran (Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan) yang dibuka pada hari Sabtu. Pelataran sendiri pelayanan pertanahan dihari Sabtu, agar masyarakat yang tidak sempat mengurus tanahnya pada hari kerja bisa mengurus pada akhir pekan.

“Pelataran untuk pemohon langsung tanpa perantara, kita buka semua jenis layanan. Ayo masyarakat datang langsung ke BPN dan buktikan langsung, kita selesaikan 1 hari dan bisa ditunggu”, ujar Sigit.

Lebih lanjut, Sigit Santosa yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor BPN Jakarta Selatan mengatakan akan ada inovasi layanan baru di BPN Jakarta Selatan yaitu layanan pertanahan Drive thru. “Kita sedang mempersiapkan layanan Drive thru, nanti masyarakat membawa mobil ke kantor BPN Jakpus tidak perlu turun dari mobil dan langsung kami berikan di dalam mobil”, ungkap Sigit.

Baca Juga :  Kementerian ATR/BPN Dorong Pengadaan Tanah bagi Kepentingan Umum

Inovasi pertanahan lain di BPN Jakarta Pusat yaitu layanan jemput bola. Layanan jemput bola merupakan layanan mengantar sertifikat dan pengambilan sumpah ke rumah warga untuk warga ada kesulitan dari sisi kesehatan maupun usia, dan program ini gratis atau tanpa kena biaya. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *