Peringati HUT ke-78 Korps Brimob Polri dengan Tema “Negara Aman Menuju Indonesia Maju”

Upacara HUT Brimob yang dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si., selaku Inspektur Upacara di Lapangan M. Jasin, Stalkuda Balikpapan, Kamis (16/11/ 2023).

BALIKPAPAN, Sinarpagibaru.com – Upacara HUT Brimob Polri bertema“Negara Aman Menuju Indonesia Maju” yang dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si., selaku Inspektur Upacara di Lapangan M. Jasin, Stalkuda Balikpapan, Kamis (16/11/ 2023).

Dalam acara Hut Korps Brimob ke-78 dihadiri oleh Pj Gubernur Kaltim diwakili Kabag Kesbangpol, Pangdam Enam Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, berserta segenap unsur TNI Alumi Akmil 1997, Ketua Bayangkari Daerah Kaltim, Nyonya Dewi Nanang Avianto, Waka Polda Kaltim, Brigjen Pol Drs. Mujiyanto, S.H., M. Hum, Beserta para PJU Polda Kaltim, dan Kapolesta-Kapolres jajaran Polda Kaltim, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Kepala BNNP Kaltim, Brigjen Pol. Drs. Edhy Moestofa, M.H., Cfra., Dan Lanut Domber Balikpapan, Kolonel Pnb David Ali Hamzah.

Dalam sambutannya dia menyampaikan rasa bangga kepada seluruh keluarga besar Kops Brimob Polri dimanapun berada. Harapannya Korps Brimop Polri dapat terus menjadi pasukan elit kebanggaan Polri
yang senantiasa mampu memberikan kontribusi dalam mewujudkan Indonesia Maju yang dicita-citakan bersama.

Baca Juga :  Personil Polres Penajam Paser Utara Galang Kemitraan dengan Masyarakat dalam Patroli Dialogis Jelang Pemilu Damai 2024

Nanang mengutip pesan dari salah satu tokoh pahlawan nasional Komisaris Jendral Polisi (Purn) Dr. H. Morhammad Jasin yang dikenal sebagai Bapak Brimob Polri “kalau kita mengabdi sejarah tidak bisa dibohongi karena nanti yang akan membuktikan sejarah itu sendiri”.

Menurutnya pesan tersebut tentunya telah terbukti, dimana kita melihat sejarah pejuang pengabdian Korps Brimob dalam mengawal perjuangan bangsa Indonesia telah tercacat sebagai torehan tinta emas yang merupakan kebanggaan bagi kita bersama.

Cikal bakal Korps Brimob Polri berawal dari terbentuknya Tokubetsu Keisatsu Tai yang kemudian berubah menjadi polisi istimewa dan secara heroik terlibat dalam berbagai pertempuran merebut kemerdekaan, ungkapnya.

Hal ini sebagaimana penekanan Presiden Jokowi dalam Sidang Paripurna di DPR RI 2023, bahwa stabilitas keamanan itu penting dalam rangka pembangunan negara, dalam rangka pertumbuhan ekonomi dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global. Untuk sebab itu dalam rangka pendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional terdapat berbagai tantangan stabilitas kamtibmas yang perlu menjadi perhatian Korps Brimob Polri.

Baca Juga :  HUT ke-88 NWDI, Menag: Teruslah Jadi Inspirasi Bagi Generasi Muda Indonesia

Dia menambahkan perlu diwaspadai adanya kelompok teror yang menggunakan isu konflik Palestina-Israel sebagai propaganda guna memicu aksi teror secara terorganisir.

Dalam pesan pentupan sambutannya agar rekan-rekan menjadi Terate Putih sebagai lambang Kops Brimob Polri
yang bermakna tekat dan kemampuan mengubah situasi keruh menjadi tenang dan bersih, dapat bertahan dalam berbagai situasi, serta mampu membawa harum nama institusi Polri.
(M. Sijabat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *