SMPN 2 Sukaraja Siap Meraih Adiwiyata Mandiri Tahun 2024

Kepala Sekolah SMPN 02 Sukaraja, Drs. Dedi Budi Sumardi S.Pd. (Foto: ist)

BOGOR, Sinarpagibaru.com – Sejak kepemimpinan Kepala Sekolah SMPN 02 Sukaraja Kabupaten Bogor, Jawa barat, Drs. Dedi Budi Sumardi S.Pd, banyak sekali prestasi, Tropy dan Penghargaan-penghargaan yang diraih oleh siswa/i mulai dari tingkat Daerah sampai tingkat Nasional. Salah satu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri kepada sekolah-sekolah yang dinilai peduli terhadap lingkungan.

SMPN 2 Sukaraja, Kabupaten Bogor meraih salah satunya penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia. Dalam kesempatan ini Bapak Kepala Sekolah Drs. Dedi Budi Sumardi S.Pd, menerima penghargaan tersebut dari Menteri LHK Ibu Prof. Dr. Siti Nurbaya.
Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “Adi” dan “Wiyata”. Adi mempunyai makna: besar, agung, baik, ideal atau sempurna, Wiyata mempunyai makna tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Adiwiyata dapat diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :  Menteri ATR/BPN Serahkan 1.000 Sertifikat PTSL di Kabupaten Bogor

Menteri LHK Siti Nurbaya, berharap siswa semakin mencintai lingkungan salah satunya di lingkungan sekolah SMPN 02 Sukaraja Kabupaten Kabupaten Bogor.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli Lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah, dengan adanya program tersebut diharapkan seluruh warga sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. Demikian pula yang dilakukan SMPN 2 Sukaraja untuk persiapan mengikuti Adiwiyata kedepannya tahun 2024 dalam lomba Adiwiyata.

Manfaat dari Program Adiwiyata adalah :

-Mengubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan.

-Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.

-Dapat menghindari sejumlah resiko dampak lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah.

Sejak bapak Drs. Dedi Budi Sumardi, M.Pd memimpin sekolah ini per tanggal 10 Januari 2017 beliau telah berhasil membawa SMP Negeri 2 Sukaraja Kabupaten Bogor meraih:

1. Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Bogor tahun 2019
2. Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020
3. Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2022.

Drs. Dedi Budi Sumardi S.Pd, selaku Kepala sekolah SMPN 2 Sukaraja Kabupaten Bogor menyampaikan di ruang kerjanya, kami SMPN 2 Sukaraja siap mengikuti Adiwiyata Mandiri tahun 2024 dan berupaya memenuhi poit-point untuk meraih adiwiyata mandiri tahun 2024 serta bisa terus memberikan kontribusi nyata untuk kelestarian lingkungan, saya sebagai wali orang tua di sekolah, bapak mengharapkan agar peserta didik di SMP Negeri 2 Sukaraja Kabupaten Bogor dapat belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, berbudi pekerti luhur, tangguh dalam menghadapi berbagai dinamika kehidupan.

Baca Juga :  Seekor Anak Gajah Sumatera Lahir di Elephants Flying Squad TN Tesso Nilo

Salah seorang siswi Sri mengatakan kepada SPB, saya bangga sekolah di SMPN 2 Sukaraja Kabupaten Bogor karena Guru pengajarnya ramah, santun dan Profesional dalam mengajar kami supaya mandiri, berkarakter, berakhlak dan bertaqwa serta disiplin dalam segala hal. Pesan saya sekilas mengenai program Adiwiyata, bukan hanya tentang penghargaan, kegiatan ini juga untuk mendidik generasi muda agar peduli terhadap lingkungan hidup. Ingat, kita tidak punya planet cadangan untuk hidup, jadi jagalah selalu kelestarian lingkungan demi bumi kita. (Budiman/Lilis/Sony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *