Daerah  

Sri Wulaningsih Wakili Bupati Indramayu Buka Pembinaan dan Penguatan Sosial Demi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Hj. Sri Wulaningsih, SE, Ak,. Kepala Dinas Sosial  Kab. Indramayu

INDRAMAYU, sinarpagibaru.com – Sebanyak 98 peserta yang terdiri dari 9 kecamatan di Kota Mangga mengikuti peningkatan kemampuan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang diselanggarakan Dinas Sosial Kabupaten Indramayu, di Aula KPRI KOPSUKA Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Rabu (26/07/2023).

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar melalui Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah (Setda) Indramayu, Ir. Suwenda Asmita mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan memberikan pengetahuan dasar tentang peranan PSM yang meliputi konsep penyelenggaraan kesejahteraan sosial, tugas pokok dan fungsi, serta kemampuan teknis PSM yang didukung pemberian motivasi untuk meningkatkan komitmen PSM dalam kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Terlebih ungkap Suwenda Asmita, peran PSM di Kota Mangga bisa mewujudkan Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) dengan Misi Sapta Nata Mulya Jaya. Selain itu diharapkan terwujudnya kehidupan masyarakat yang sejahtera, masyarakat yang memiliki fungsi sosial yang mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri, serta tertanganinya masalah sosial.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih menyampaikan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai sarana silaturahmi dan proses peningkatan kemampuan bagi PSM di Kabupaten Indramayu dalam menjalankan tugasnya.

Diterangkan Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih, tujuan dibentuknya PSM adalah untuk membantu, mendorong, menggerakkan dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, mendampingi warga masyarakat yang membutuhkan layanan sosial serta mendampingi program kesejahteraan sosial di tingkat desa atau kelurahan.

Baca Juga :  BPN Kota Depok Terima Penghargaan Tertinggi dari Ombudsman RI

Lanjut Sri Wulaningsih, untuk mendukung tugas- tugas dinas sosial kita di lapangan banyak di bantu oleh tadi yang kita undang, istilahnya pilar – pilar sosial ada pendamping -pendamping ada PSM dan juga LKS  itu perlu kita bina, maksudnya apa supaya  meningkatkan kinerja mereka bisa saling sinergi di lapangan dalam rangka membantu  memfasilitasi masyarakat perlu kesejahteraan sosial baik itu bansos dari pusat dari propinsi maupun dari APBD 2 karena tanpa bantuan mereka banyak  masyarakat kita, untuk masyarakat yang tidak mampu, mereka perlu di bantu di fasilitasi banyak permasalahan di lapangan. Dan harapan langkah ke depan ya itu tadi bagi mereka –  mereka yang sudah sejahtera dan sekarang juga kita lagi melakukan yang tadi di sampaikan bupati yang sudah tidak layak menerima bansos karena dia sudah sejahtera sudah kaya rumahnya sudah permanen juga sudah punya usaha itu harus berhenti masih banyak masyarakat indramayu ini yang membutuhkan, terutama memang layak yang harus di bantu tujuannya apa supaya angka kemiskinan di indramayu itu menurun dan tingkat kesejahteraan kita menaik dari tolak ukurnya.

Baca Juga :  Dua Pamong Desa Ujunggebang Resmi Mengundurkan Diri

“PSM merupakan mitra kerja penting Pemerintah Kabupaten Indramayu khususnya . Dinas Sosial. Keberadaan dan keikutsertaan dalam PSM adalah inisiatif dan kesukarelaan untuk mengabdi dalam terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial,” terangnya.

Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih berharap, PSM di Kabupaten Indramayu tetap menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati, selalu semangat dan tetap bersungguh-sungguh mengabdi untuk masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan saat ini PSM dapat bekerja dengan hati dan diniati sebagai ibadah karena ini merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Tetap semangat dan menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh, mengabdi untuk masyarakat, tidak memikirkan apa yang didapat tetapi apa yang bisa diberikan kepada masyarakat dalam mewujudkan Indramayu Bermartabat,” harapnya.

(A.Teja,S.Spb )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *