Targetkan WBK, BPN Jakarta Selatan Terus Berbenah Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Kantor BPN Jakarta Selatan komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Foto: ist)

Sinarpagibaru.com – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan (Jaksel) terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kepala Kantor BPN wilayah Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan Tentrem Prihatin menegaskan terus berupaya menjadi lembaga yang lebih baik dalam melayani masyarakat.

“Saya ingin mewujudkan Kantor BPN Jakarta Selatan menjadi kantor pertanahan memberikan pelayanan cepat, ramah agar masyarakat tidak kuatir datang langsung ke BPN untuk mengurus tanahnya”, ujarnya, Kamis (15/6/2023).

Tentrem Prihatin membeberkan untuk memberikan pelayanan baik kepada masyarakat, pihaknya terus meningkatkan 7 layanan prioritas agar terlaksana dengan baik.

Ketujuh layanan prioritas tersebut meliputi, Pengecekan Sertifikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Hak Tanggungan Elektronik, Roya Manual dan Roya Elektronik, Peralihan, Pendaftaran SK, serta Perubahan Hak Guna Bangunan/Hak Pengelolaan (HGB/HPL) menjadi Hak Milik (HM) untuk rumah tinggal, rumah toko, dan rumah kantor.

Baca Juga :  BPN Kota Depok Jadikan 7 Program Prioritas sebagai Wahana Menuju WBK

“Kita ingin menjadikan kantor BPN Jakarta Selatan menjadi pilot projek memberikan pelayanan yang bebas dari tunggakan”, ucapnya.

Selain itu, di dalam kantor juga disediakan fasilitas ruang laktasi, dan ruang bermain anak. Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan karena untuk memudahkan dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah.

Target PTSL Tahun 2023;

Tentrem Prihatin juga menyatakan Kantor BPN Jakarta Selatan memiliki target program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023 sebanyak 1.750 yang diberikan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) segera dituntaskan di tahun 2023 ini.

“Insyallah target PTSL akan kita tuntaskan tahun ini”, ucap Tentrem Prihatin yang sebelumnya menjabat Kakantah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Selain itu, lanjutnya mengatakan akan menyelesaikan residu sebanyak 1500 dan sekarang sudah dibatalkan untuk diajukan kembali sebanyak 1351 dan diselesaikan tahun ini.

Baca Juga :  AHY Akan Lapor Presiden dan Menkopolhukam soal Sengketa Lahan Hotel Sultan

Dalam kesempatan itu, Tentrem Prihatin menyampaikan bahwa Kantor BPN Jakarta Selatan salah satu kantor pertahanan di DKI Jakarta untuk maju meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2023. “Verifikasi intern kita lolos tinggal menunggu verifikasi dari Kementerian PANRB, mudahan tahun ini kita harapkan meraih WBK”, pungkasnya. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *