Daerah  

Warga Batak Tabalong Meriahkan Natal dan HUT Tabalong dengan Aksi Tanam Pohon

Masyarakat Batak Tabalong

TABALONG, Sinarpagibaru.com – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke – 58 Kabupaten Tabalong yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2023 serta sekaligus merayakan Natal, warga Batak tabalong menggelar aksi sosial gerakan Tanam Pohon di jalan Nansarunai, pada Sabtu (25/11/2023).

Warga Batak yang berasal dari 24 Marga tersebut melakukan penanaman pohon sebanyak 240 di sepanjang jalan Nansarunai, Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak.

Ketua pelaksana perayaan Natal Rapolo Manik menjelaskan, fungsi sosial penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk syukur warga Batak Tabalong atas karunia Tuhan selama bermukim di kabupaten Tabalong.

“Dengan kegiatan ini, Kalau kita lihat pada bergembira bersukacita. Memang orang Batak seperti itu suka berkumpul, bercerita ada sukacita ya kegembiraan ini terus berlanjut terus berlanjut apa yang positif yang sudah kita lakukan sesuai dengan prinsip Dalihan Na Tolu tetap kita lestarikan, dalam kita bersikap dan berbuat untuk Kabupaten Tabalong tempat yang kita diami tempat yang sudah memberikan kita kehidupan,” ujarnya.

Baca Juga :  Menuju WBBM BPN Kota Tangsel, Kakanwil BPN Banten: Negara Hadir Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Selain itu kegiatan ini merupakan wujud nyata kontribusi warga Batak Tabalong yang telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Kabupaten Tabalong sehingga dapat hidup rukun serta selalu hidup berdampingan.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator bidang sosial panitia pelaksana pelayanan Tabalong Hasudungan Simatupang menuturkan,  sesuai dengan tema perayaan Natal tahun 2023 kegiatan penanaman pohon ini menjadi momentum berharga Batak Tabalong agar berupaya berdamai dengan diri sendiri dan berdamai dengan lingkungan.

“Ini pertama kali kita laksanakan sesuai dengan tema Natal tahun ini adalah “Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” artinya berdamai dengan diri dengan lingkungan kerja diatur untuk kita untuk penanaman ini adalah hari jadinya itu Allah.

Baca Juga :  HUT RI ke-78, Polres Banjarmasin Bersama Masyarakat Bentangkan Bendera Merah Putih 100 Meter

Hasudungan juga berharap kegiatan tersebut dapat berkontribusi dalam mendukung upaya pemerintah guna menjaga lingkungan dan kabupaten Tabalong serta membuat kerukunan antar masyarakat di kabupaten Tabalong terjalin dengan baik.

(Lasron T)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *