BPN Kota Jakarta Barat Raih Penghargaan dari MAPI

Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Agus Setiyadi, S.SiT., M.H., terima penghargaan dari MAPI, Rabu (10/1). (Foto: BPN Jakbar)

JAKARTA, Sinarpagibaru.com – Sebagai wujud memberantas pungutan liar dan memperluas pengetahuan masyarakat tentang pungutan liar beserta efek negatifnya di suatu Instansi Pemerintah, Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat Bersama dengan MAPI (Masyarakat Anti Pungutan Liar Indonesia) terus berkoordinasi dan berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan instansi yang berintegritas.

MAPI (Masyarakat Anti Pungutan Liar Indonesia) terbentuk pada 10 Januari 2019. MAPI dilatih dan diarahkan langsung oleh Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI berpayung hukum PerPres 87 Tahun 2016 Pasal 12 yang bertujuan untuk bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah guna menciptakan Indonesia bersih dari pungli.

Sebagai perwujudan dari tujuannya, MAPI mengadakan Silahturahmi Nasional ke-4 pada Rabu (10/01/2024) dengan tema “Meneguhkan Kiprah MAPI Membangun Negeri Tanpa Pungli” bertempat di Hotel el-Royale, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga :  Sekjen Kemendagri Tekankan Pejabat Pengawas Perlu Pahami Kewenangan Daerah

Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Agus Setiyadi, S.SiT., M.H., menghadiri acara tersebut sekaligus menerima penghargaan atas partisipasi aktif mewujudkan Kantor Pelayanan Publik yang berintegritas dan berinovatif dalam pencegahan dan pemberantasan pungutan liar di Instansi Pemerintah. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dewan Pembina MAPI, Letkol. CPM. Endang Agustian, S.H., M.H.

Dalam sambutan Ketua Umum MAPI, Tan Wijaya mengajak untuk bersama-sama memberantas pungutan liar yang ada di instansi pemerintah untuk menciptakan pelayanan publik yang bebas dari pungli.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Yulia Jaya Nirmawati, Staff Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang partisipasi Masyarakat, dan Jonahar, Staff Ahli Menteri ATR/BPN Bidang Teknologi Informasi sebagai narasumber dalam Talkshow Meneguhkan Kiprah MAPI Membangun Negeri Tanpa Pungli.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Jonahar, Kementerian ATR/BPN saat ini sudah membuka luas informasi yang dibutuhkan oleh Masyarakat, diantaranya tersedia website di tiap Kantor Pertanahan, Kantor Wilayah dan Kementerian ATR/BPN, sehingga Masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan, selain itu Masyarakat lebih dipermudah untuk mengurus sendiri sertipikatnya dengan 7 layanan prioritas.

Baca Juga :  Tol Cijago Akhirnya Tersambung, Kepala BPN Kota Depok: Lelah itu Terbayarkan

Sementara itu, Yulia Jaya Nirmawati dalam acara ini menyampaikan dalam paparannya membahas mengenai platfom aplikasi “Sentuh Tanahku”, yang dapat dipergunakan oleh Masyarakat untuk informasi seputar pertanahan. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *