Daerah  

Bupati Indramayu Siap Anggarkan untuk Pemekaran Indramayu Barat

Acara Halal BI Halal (HBH) yang diselenggarakan komunitas warga / masyarakat yang tergabung dalam Sahabat Inbar Bersatun (SIB), Sabtu, 4 Mei 2024. (Foto: ist)

INDRAMAYU, Sinarpagibaru.com
Ratusan warga Kabupaten Indramayu wilayah barat atau biasa disebut Indramayu Barat (Inbar), memadati Gelanggang Olah Raga (GOR) Merdeka di desa cipancuh, Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu Jawa Barat, guna menghadiri acara Halal BI Halal (HBH) yang diselenggarakan komunitas warga / masyarakat yang tergabung dalam Sahabat Inbar Bersatun (SIB), Sabtu, 4 Mei 2024.

Agenda kegiatan yang di framing dalam bentuk HBH tersebut, semua komponen yang hadir berkomitmen mendukung sepenuhnya demi terwujudnya pemekaran Kabupaten Indramayu Barat sesuai tema yang disuguhkan yakni “Dengan halal bI halal kita merajut silaturahmi sebagai momentum mempercepat terwujudnya DOB Inbar”.

Turut Hadir dalam kegiatan Halal BI Halal, Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina , Ketua PWNU Jawa Barat, KH. Juhadi Muhammad, dan juga semua Kepala SKPD dan Camat sewilayah Inbar berikut Kepala Desa / Kuwu dan Tokoh Masyarakat, Ormas, serta Komunitas Jurnalis Inbar yang juga konsisten mengawal proses terbentuknya Daerah Otonomi Baru yakni Kabupaten Indramayu Barat.

Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, mengatakan”, pada kegiatan ini banyak poin-poin yang harus dibicarakan atau didiskusikan kedepan untuk bagaimana membangun Indramayu termasuk pembangunan di wilayah barat Indramayu, dimana sejak lama di usulkan tentang pemekaran kabupaten, karena itu akan dibuka kembali dokumen-dokumenya terkait proses pemekaran tersebut.

Baca Juga :  Menteri ATR/BPN Resmi Deklarasikan Kota Madiun Sebagai Kota Lengkap

Yang pastinya, lanjut Nina, jika dari propinsi maupun pusat sudah menyetujui, kita siapkan pembangun infrastrukturnya dan pembangunan tersebut sudah dilakukan semenjak dirinya menjabat sebagai Bupati Indramayu mulai tiga tahun lalu.
“Masyarakat tetap semangat untuk pengajuan pemekaran dan mohon dukungan terkait pembangunan tersebut, untuk usulan anggaran siap disepakati dan jelas disetujui demi untuk pemekaran Indramayu Barat ” ujar Nina.

Penyampaian salah satu Tokoh Masyarakat Inbar juga selaku Dewan Pembina SIB, Drs.H. Supendi,M.Si menilai” pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Indramayu masi bersifat reguler, khususnya yang ada di wilayah barat Indramayu ini belum maksimal terhadap dukungan pemekaran kabupaten, untuk itu kami yang tergabung dalam Sahabat Inbar Bersatu mendesak Bupati Indramayu agar pada KUA PPAS pada bulan Juli 2024 ini Pemkab Indramayu dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan di wilayah Inbar sebagai persiapan guna menyambut dan persiapan disetujuinya pemekaran Kabupaten Indramayu Barat dari Pemerintah Pusat.

“Jangan sampai ketika Pemerintah Pusat menyetujui pemekaran, sementara kondisi dilapangan belum siap,” kata mantan Bupati Indramayu.

Sementara, Ketua Sahaabat Inbar Bersatu(SIB) H. Sona Susanto, menegaskan, melalui moment HBH SIB ini bersama semua elemen/komponen masyarakat lainya berkomitmen untuk mendesak Pemkab Indramayu agar mengalokasikan anggaran secara khusus sebagai bentuk dukungan terwujudnya pemekaran Indramayu Barat .

Baca Juga :  H Andi Yusup Sambut Baik Wacana Dibentuknya Pusdiklat di PPU

“Kami berkomitmen untuk berjuang ditataran bawah guna mendesak Pemkab Indramayu tentang kebijakan anggaran untuk pemekaran Kabupaten Inbar dibuktikan dengan nyata demi kepentingan kita semua” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWNU Jawa Barat, KH. Juhadi Muhammad, mengatakan ” dukungan sepenuhnya terhadap terwujud dan terealisasinya Kabupaten Indramayu Barat, karena dengan demikian PWNU akan semakin besar karena bertambahnya wilayah baru maka secara otomatis PCNU yang baru akan terbentuk pula, dimana sebelumnya ketika menjabat selaku Ketua PCNU Kabupaten Indramayu selama tiga periode sudah mengambil langkah serius dengan melakukan pengkaderan terhadap PCNU Indramayu Barat.
“Kami mendukung sepenuhnya demi terwujudnya pemekaran Kabupaten Indramayu Barat termasuk pembentukan PCNU Inbar,” tegasnya. (Sarjo Pranoto/ATeja S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *