Daerah  

Menteri Anas Dorong Penguatan Digitalisasi Layanan di MPP Kubu Raya

Menteri PANRB meninjau sejumlah layanan publik yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kubu Raya, Selasa (23/4). (Foto: Humas Panrb)

KUBU RAYA, Sinarpagibaru.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (23/04). Di sela-sela kunjungan tersebut, Menteri Anas menyempatkan untuk meninjau sejumlah layanan publik yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kubu Raya.

“Ini salah satu MPP yang kami resmikan secara virtual beberapa waktu lalu. Hari ini saya senang bisa berkunjung. Mudah-mudahan ini menjadi tempat untuk rakyat mendapatkan pelayanan yang terintegrasi,” tutur Anas saat meninjau MPP Kab. Kubu Raya, Selasa (23/04).

Dalam mendukung penyelenggaraan layanan yang terpadu, terdapat 15 instansi yang bergabung dan ada 90 jenis layanan yang diintegrasikan pada MPP yang diresmikan sejak Juli 2023 itu.

Baca Juga :  Pemerintah Indonesia Pertajam Strategi Tata Kelola dan Kebijakan Pengentasan Kemiskinan

Menteri Anas menekankan penyelenggaraan MPP harus mengutamakan fungsi, bukan megahnya gedung. Bangunan tidak harus megah namun yang terpenting fungsinya harus optimal.

“MPP intinya adalah mengintegrasikan berbagai layanan dari berbagai dinas, instansi vertikal, kementerian, maupun swasta. MPP menjadi cara pemerintah untuk mengintegrasikan layanan yang cepat, mudah, murah, dan transparan dalam satu tempat,” imbuh mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

Lanjutnya dikatakan, Presiden telah meresmikan jalan tol fisik. Kini saatnya membangun jalan tol pelayanan publik melalui transformasi digital pemerintah. Terdapat empat ekosistem pelayanan terintegrasi yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah, yaitu pelayanan langsung (direct services), pelayanan bergerak (mobile services), pelayanan mandiri (self services), dan MPP digital (electronic services).

Baca Juga :  Program PUSPA Masuk Sekolah, Bupati Indramayu Nina Agustina, SH,MH.,C.R.A Edukasi Pangan dan Lingkungan

“Untuk mempercepat layanan digital terpadu di MPP Kubu Raya ini tentu perlu adanya penguatan kolaborasi lintas sektor, termasuk antara pemerintah pusat dan daerah,” pungkas Anas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *