Menteri Anas Kenalkan RB Tematik di Universitas Diponegoro

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengenalkan Reformasi Birokrasi (RB) Tematik kepada civitas akademika Universitas Diponegoro di Semarang. (Foto: Humas Kemen PANRB)

Sinarpagibaru.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengenalkan Reformasi Birokrasi (RB) Tematik kepada civitas akademika Universitas Diponegoro di Semarang pada Kamis (30/03) siang.

Dalam acara yang bertema “Sapa Mahasiswa” itu, Anas menyampaikan bahwa kerja birokrasi kini harus memiliki dampak langsung yang dirasakan masyarakat, bukan lagi sekadar administrasi.

“Selama ini setiap pagi siang malam kerja birokrasi sibuk untuk apa? Sekarang harus berdampak, harus bisa dirasakan hasilnya oleh masyarakat,” ujar Anas.

RB Tematik berfokus pada empat isu strategis, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi dan belanja produk dalam negeri.

“Digitalisasi ini sebuah keniscayaan. Kita lihat di swasta sudah berubah, bank-bank menutup kantor fisik. Produk elektronik kalau tidak berinovasi akan mati, contohnya seperti Nokia. Birokasi ini harus juga ikut berubah, kalau tidak kita akan susah maju,” kata Anas.

Baca Juga :  Diikuti 41.625 Pegawai, Deklarasi Antikorupsi Kementerian ATR/BPN Pecahkan Rekor MURI

Kerja-kerja birokrasi juga terus didorong agar bisa berdampak nyata untuk mengurangi kemiskinan.

“Kita selama ini fokus di hilir. Dengan RB Tematik ini kita akan selesaikan di hulu, fokus kita mengurangi kemiskinan. Termasuk juga kita pikirkan untuk masa depan bangsa ke depan, makanya kita bantu selesaikan stunting,” papar Anas.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk bertanya langsung kepada Menteri Anas. Para deputi yang hadir juga berdialog langsung dengan para mahasiswa.

Baca Juga :  Pemerintah Percepat Pertukaran Data untuk Padukan Pelayanan Publik

Dalam acara itu hadir Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama beserta para dekan dan jajarannya. Sementara Menteri Anas turut didampingi oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian PANRB. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *