Menteri Hadi Tjahjanto Hadiri HUT ke-56 ASEAN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjato bersama Kapolri dan Panglima TNI hadiri HUT Ke-56 ASEAN di Jakarta. (Foto: Hms Kemen ATR/BPN)

Sinarpagibaru.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 ASEAN, pada Selasa (08/08/2023). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan ini mengusung tema “ASEAN Day Celebration, Epicentrum Of Growth”.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa HUT ini adalah momen tepat meneguhkan semangat untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera. Menurutnya, seluruh negara yang tergabung harus bahu-membahu untuk mewujudkan tekad tersebut.

“ASEAN adalah contoh keberagaman yang harmoni, yang saling melengkapi dan menguatkan. Perbedaan antar negara ada tapi tidak menjadi halangan kita untuk mewujudkan tekad dan cita-cita ASEAN. ASEAN harus bisa menjadi epicentrum of growth yang memberikan manfaat lebih bagi rakyat di kawasan (ASEAN, red) dan dunia,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidatonya.

Baca Juga :  Ratusan Buruh Koperasi TKBM KKR Gelar Unjuk Rasa di Kantor Gubenur Kalbar

Ia juga menyampaikan, saat ini ASEAN sedang berada pada momentum positif yang terlihat pada pertumbuhan ekonomi, bonus demografi, dan kepercayaan dunia terhadap ASEAN sebagai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik. “Momentum positif ini harus kita manfaatkan untuk menjadikan ASEAN sebagai masa depan dunia. Menjadikan ASEAN jangkar kedamaian, jangkar kestabilan, dan jangkar kesejahteraan dunia,” jelasnya Joko Widodo.

Di akhir pidatonya, Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia sebagai Ketua ASEAN ingin meletakkan fondasi yang kuat bagi ASEAN, sehingga mampu menghadapi tantangan, tanggap terhadap dinamika, dan tetap memegang peran sentral. “ASEAN sebagai kapal besar harus terus bergerak maju. Kapal besar ini harus terus berlayar, tidak boleh karam karena ini adalah tanggung jawab kita terhadap ratusan jiwa rakyat yang berada di dalamnya. Let us work together to make ASEAN matters: epicentrum of growth. Selamat ulang tahun ASEAN,” tuturnya..

Baca Juga :  KLHK Lakukan Uji Emisi Akbar dan Launching Aplikasi Si Umi

Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto pun turut mengucapkan selamat serta harapan bagi seluruh negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. “Selamat HUT ke-56 ASEAN, semoga asosiasi ini bisa membawa negara-negara ASEAN menjadi negara yang damai, stabil, dan sejahtera,” ucap Hadi Tjahjanto.

Hadir pada kegiatan ini, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Negara, Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn, dan sejumlah perwakilan dari berbagai negara. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *