Daerah  

Pemdes Terentang Hilir Galakan Program Secara Aktif Pencegahan Stunting

Sekretaris Desa Terentang Hilir, Mardiansyah. (Foto: ist)

KUBU RAYA, Sinarpagibaru.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Terentang hilir, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, terus menggalakkan program Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

Salah satu fokus pemerintahan di Desa Terentang hilir adalah upaya pencegahan stunting dengan peran Masyarakat di desa ini secara aktif berpartisipasi dalam program pemerintahan ini sejak awal pelaksanaannya.

Dalam upaya pencegahan, pemerintah desa secara rutin membagikan susu untuk ibu hamil dan menyusui guna meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, serta untuk mengatasi potensi risiko stunting.

Program ini melibatkan kerjasama dengan posyandu, bidan desa, Polsek dan pos kesehatan lainnya untuk memastikan pelayanan kesehatan yang holistik dan tepat sasaran. Selain itu, masyarakat juga didorong untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga :  Kementerian PANRB Dorong Sulawesi Selatan Raih Zona Integritas Melalui OLGOZI

Heri Yulianto, Kepala Desa Terentang hilir Melalui Sekretaris Desa Mardiansyah, kepada awak media, Rabu (23/8/2023)
menyatakan, Kesehatan ibu dan anak merupakan prioritas utama bagi pemerintah desa kami. Program pencegahan Stunting merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan kesehatan masyarakat kami. Kami akan terus melakukan upaya ini agar ibu dan anak di desa kami senantiasa sehat dan sejahtera”, katanya.

“Meskipun sudah ada perbaikan dalam pencegahan Stunting, pemerintah desa menyadari bahwa masih ada tantangan yang perlu diatasi. Oleh karena itu, program ini akan tetap berlanjut dan ditingkatkan untuk memastikan kesehatan ibu dan anak tetap terjaga dengan baik.”Ucapnya.

Baca Juga :  Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian Sosialisasikan soal Kesehatan Reproduksi dan Pencegahan Stunting

Selain itu, pemerintah desa juga mengajak desa-desa lain untuk mengadopsi program serupa guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,” Pungkasnya.(Ramsyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *