Daerah  

Sambu Group Dukung Hadirnya Museum Kelapa di Inhil

Sambu Group Dukung Hadirnya Museum Kelapa di Kabupaten Inhil. (Foto: ist)

Sinarpagibaru.com – Dibangun megah dan dilengkapi berbagai dibangun megah dan dilengkapi berbagai fasilitas yang mumpuni untuk kebutuhan literasi masyarakat Indragiri Hilir, pada Kamis (25/5/ 2023). Perpustakaan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir diresmikan langsung oleh Bupati Inhil H.M Wardan.

Turut serta meresmikan Ofy Sofiana, Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. dengan suasana yang khidmat. Bersama beberapa komunitas literasi, jajaran pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hilir dan provinsi Riau.

“Peran dan fungsi perpustakaan semakin penting dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas dalam memaknai informasi, memanfaatkan dan mengelola informasi yang bersumber dari koleksi perpustakaan. Juga untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa, dengan memerhatikan dinamika perkembangan pembangunan, teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dan kompleks,” ujar H.M Wardan.

Gedung Perpustakaan Daerah setinggi 6 lantai ini berbeda dari perpustakaan pada umumnya. Selain memiliki ruang baca, ruang layanan anak serta ruang koleksi, pengunjung juga dapat menikmati museum kelapa yang terletak di lantai empat.

“Gedung perpustakaan ini akan menjadi gedung multifungsi yang bisa menampung kegiatan dari masyarakat. Maka dari itu, museum kelapa turut dibangun. Sebagaimana diketahui 80% masyarakat Inhil mengandalkan kelapa sebagai sendi perekenomian kehidupannya. Kehadiran museum kelapa ini bisa menjadi sebuah gambaran betapa saling ketergantungannya masyarakat Inhil dengan kelapa,”.

Museum Kelapa di Inhil bisa menampung semua referensi dan penelitian tentang kelapa yang dilakukan. Dan diharapkan bisa menjadi wawasan juga untuk masyarakat luas mengenai kelapa Inhil, sambungnya H.M Wardan.

Sambu Group mendukung adanya museum kelapa di Inhil. Sehingga Inhil sebagai negeri hamparan kelapa dunia, akan mempunyai pusat referensi kelapa. Sambu Group juga turut hadir di anjungan yang telah disediakan, untuk menginformasikan perkembangan industri kelapa di Inhil.

Baca Juga :  Sambu Group Berpartisipasi dalam World Coconut Day 2023 di Gorontalo

“Perjalanan panjang Sambu Group dalam membangun industri kelapa di Inhil, akan menjadi bahan literasi yang positif bagi masyarakat luas. Karena dukungan secara berkelanjutan dari generasi ke generasi dan saling ketergantungan, baik dengan petani kelapa maupun pemangku kepentingan kelapa lainnya di Inhil,” terang A Ginting, selaku humas Sambu Group.

Dalam anjungan Sambu Group, juga ditampilkan komitmen kepedulian sosial dan lingkungan perusahaan yang berkelanjutan. Semoga upaya dalam menjaga keberlanjutan ekosistem kelapa melalui perpustakaan daerah dan museum kelapa akan semakin terbuka dengan meningkatnya literasi dan pengetahuan terhadap kelapa kedepannya.

Dalam pidatonya, H.M Wardan menyampaikan apresiasi secara langsung kepada Sambu Group yang memiliki peran vital dalam dukungan ekosistem kelapa di Indragiri Hilir. “Kami sampaikan terima kasih banyak kepada para pengusaha terutama Sambu Group yang telah berkontribusi banyak, melalui produk turunan kelapanya membawa kelapa Inhil mendunia! Kita semua dapat melihat langsung kontribusinya dan sejarahnya secara langsung di museum kelapa ini juga.

Semoga dapat terus melanjutkan dampak positif untuk ekosistem kelapa Inhil secara berkelanjutan kedepannya,” tutup H.M Wardan.

Tentang Sambu Group
Didirikan pada tahun 1967 oleh Tay Juhana, PT Pulau Sambu merupakan perusahaan yang bergerak di bisnis pengolahan kelapa. Memiliki pabrik yang tersebar di Indragiri Hilir, Propinsi Riau, Sambu Group berusaha menciptakan industri kelapa ke level lebih tinggi melalui pengembangan sistem yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya.
Sambu Group berhasil mengintegrasikan petani kelapa lokal Indonesia dengan pasar.

Petani kelapa menjadi entitas yang tak terpisahkan secara sosial dengan perusahaan. Sebagai pelopor industri kelapa, Sambu Group berusaha mengembangkan inovasi produk berbasis kelapa melalui merek KARA. Usaha Sambu Group mengakomodir kebutuhan kelapa untuk industri bermitra dengan masyarakat dan lingkungan untuk menghadirkan inklusifitas sosial, konservasi lingkungan hidup, dan stabilitas ekonomi bagi bisnis dan masyarakat disekitar.

Baca Juga :  PTSL Bikin Rontok Pungli, Indra Gunawan: Kalau ada Oknum BPN Nakal Laporkan!

Salah satu prinsip Sambu Group, selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan sosialekonomi petani kelapa Indonesia yang menjadi mitranya. Upaya ini dilakukan melalui pembangunan infrastruktur, penyelenggaraan berbagai kegiatan religi hingga program pendidikan masyarakat di sekitar industri. Membeli produk Sambu Group dengan merek KARA turut berkontribusi untuk kesejahteraan dan kehidupan petani kelapa Indonesia yang lebih baik.

KARA telah menjadi kebanggaan Indonesia sebagai pelopor santan kemasan aseptik di Indonesia. KARA berbahan baku kelapa yang 90% berasal dari petani kelapa Indonesia ini turut berusaha memberikan dampak positif pada kesejahteraan hidup mereka.

Salah satu prinsip KARA, selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan sosial-ekonomi petani kelapa Indonesia yang menjadi mitranya. Upaya ini dilakukan melalui pembangunan infrastruktur, penyelenggaraan berbagai kegiatan religi hingga program pendidikan masyarakat di sekitar industri. Membeli produk-produk KARA turut berkontribusi untuk kesejahteraan dan kehidupan petani kelapa Indonesia yang lebih baik. (Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *