Terima Sertipikat Tanah Elektronik, Warga Jakarta: Lebih Safety

Rajan Sunder Muhbubani (66) warga Jakarta menerima Sertipikat Tanah Elektronik miliknya dari dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Selasa (02/04/2024) di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Humas atrbpn)

JAKARTA, Sinarpagibaru.com – Salah seorang warga Jakarta sudah mulai menerima sertipikat tanah dalam bentuk elektronik. Rajan Sunder Muhbubani (66) resmi menerima Sertipikat Tanah Elektronik miliknya dari dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Selasa (02/04/2024) di Balai Kota DKI Jakarta.

Ditemui usai menerima sertipikat dalam acara Deklarasi Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap sekaligus Launching Implementasi Layanan Elektronik di sejumlah Kantor Pertanahan di DKI Jakarta, Rajan mengaku lebih senang sertipikat tanah dibuat dengan bentuk elektronik.

“Di samping lebih simple karena hanya berbentuk satu lembar, buat saya Sertipikat Tanah Elektronik ini sangat bagus karena untuk lebih safety, supaya orang tidak membuat palsunya. Dengan elektronik berarti juga bisa lebih aman kalau kita pakai elektronik karena dia sudah ada QR Code-nya jadi kita tidak usah pegang sertipikat buku lagi. Dan itu juga paperless buat pemerintah,” kata pria yang berprofesi sebagai wiraswasta di bidang tekstil ini.

Baca Juga :  Menteri ATR/BPN Ingin Sumbar jadi Ikon Penyelesaian Permasalahan Tanah Ulayat

Dari segi prosesnya, Rajan mengaku pembuatan Sertipikat Tanah Elektronik lebih efektif. “Karena prosesnya singkat. Saya ajukan langsung ke loket, diproses pakai online,” ungkapnya.

Tidak hanya mendapat sertipikat tanah elektronik, Rajan telah menjajal Loket Layanan Elektronik yang ada di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Pusat. Menurutnya, dengan sistem layanan elektronik masyarakat umum seperti dirinya merasa lebih dipermudah untuk mendapatkan layanan pertanahan.

Baca Juga :  Wamen ATR/BPN Serahkan Sertipikat Tanah Makam Sunan Bonang

“Sekarang BPN pakai layanan online ini lebih bagus, lebih cepat daripada manual, perbedaannya sangat drastis. Saya sangat terima kasih kepada Menteri ATR/Kepala BPN yang sudah merubah dari manual ke elektronik, sangat safety,” pungkas Rajan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *