Menteri Basuki Hadimuljono: ASN Bakal Menyesal Tidak Pindah ke IKN

Basuki Hadimuljono Menteri PUPR (Photo: Ist)

Jakarta, Sinarpagibaru.com– Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sekarang ini semakin progres. Dan proyek pembangunan dari perencanaan sampai pelaksanaan selalu menghindari kerusakan lingkungan. Atau tepatnya pembangunan IKN didesain dekat dengan alam yang memiliki semangat Negara Nusa Rimba.

“ASN yang yang akan ditempatkan di IKN nantinya tidak sebatas bertalenta. Mereka juga harus memiliki target yang jelas. Mampu menerapkan strategi yaitu sistem planning, programming, dan budgeting. “Harus bisa men-delivery program yang diamanahkan kementerian/lembaga masing-masing,” ucapnya, saat menghadiri ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023, yang diadakan KemenPAN RB, di Jaakrta, Selasa (27/8/2024).

Kemudian, Basuki menegaskan IKN ibukota kota masa depan yang berkelanjutan dalam pembangunan masa depan Indonesia. Dia memprediksi, IKN akan diisi oleh anak-anak muda yang memiliki bakat bertalenta. Khususnya generasi Z dan milenial. Dan proyek pembangunan IKN nantinya bisa menjadi pemerataan pembangunan maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga :  Menteri ATR/BPN Dampingi Presiden Bagikan 1.000 Sertipikat Tanah Wakaf di Jatim

“IKN akan menjadi lambang kota yang akan menjadi episentrum pembangunan Indonesia sentris, bukan Jawa sentris,” ungkapnya.

Basuki yang juga Plt. Kepala Otorita IKN juga menyampaikan, salah satu pembangunan yang sedang dikerjakan di IKN adalah membangun proyek rumah susun untuk ASN. Desain rumah susun tersebut jauh lebih layak dari program rumah susun yang dibuat pemerintah selama ini. Segala fasilitas ruang tamu, kamar dan toilet sangat memenuhi kriteria untuk ASN dan keluarganya.

“Sangat menyesal ASN kalau tidak mau pindah ke IKN,” ujarnya sambal berkelakar.

Terakhir, dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bekerja keras untuk mewujudkan IKN menjadi ibukota masa depan Negara Indonesia. Karena itu, ASN harus ikut mendukung program  pembangunan ini. ASN yang bakal ditugaskan ke IKN juga harus totalitas bekerja, kompetitif, inovatif, kreatif dan profesional untuk memberikan pelayanan publik yang berdampak pada pembangunan.

Baca Juga :  Ikuti Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN, Menteri AHY Kagumi Kemegahan Istana Garuda

“IKN didesain menjadi kota yang bersih dari korupsi, profesional melayani rakyat. Kota yang ramah dan memiliki kualitas udara yang sehat,” tandasnya. (AH)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *