Bersama UNDP dan KOICA, Kementerian PANRB Gelar 2nd Annual Workshop LAPOR!

Kementerian PANRB Gelar 2nd Annual Workshop LAPOR!. (Foto: Humas Kemen PANRB)

Sinarpagibaru.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menyelenggarakan 2nd Annual Workshop (Rapat Koordinasi Nasional) Optimalisasi dari Implementasi dan Capaian Target Peta Jalan di 2020-2024 Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), Selasa (11/07). Kegiatan yang didukung oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan Korea International Cooperation Agency (KOICA) ini bertujuan untuk penajaman koordinasi dan komitmen pimpinan pada penanganan pengaduan melalui LAPOR!.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah antara lain untuk menguatkan komitmen pemimpin pemerintahan lokal dalam penguatan sistem penanganan pengaduan di level pemerintah lokal, dan mengevaluasi performa dari sistem penanganan pengaduan di level nasional dan regional, serta mendiskusikan dan menyusun rekomendasi dari rangkaian lokakarya yang telah dilakukan di enam lokasi pilot SP4N-LAPOR!,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, di Jakarta, Senin (10/07).

Selain itu kegiatan ini juga untuk menguatkan hubungan pemerintah dengan berbagai _stakeholder_, seperti akademisi dan organisasi masyarakat sipil dalam implementasi sosialisasi SP4N-LAPOR!. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih, Deputy Resident Representative UNDP Indonesia Sujala Pant, dan Country Director KOICA Yun-gil Jeong akan hadir pada acara tersebut.

Baca Juga :  Menteri Hadi Tjahjanto Hadiri Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR RI

Acara yang akan diselenggarakan selama dua hari ini, 11 – 12 Juli 2023, juga akan dihadiri oleh narasumber dari kementerian dan lembaga yang turut berkontribusi dalam implementasi SP4N LAPOR!. Tahun ini, rakornas akan membahas lebih detail terkait tema utama yang merupakan isu penting dalam pelaksanaan SP4N LAPOR!, antara lain Optimalisasi Implementasi, Pencapaian, dan Keberlanjutan SP4N-LAPOR!, Target Peta Jalan Tahun 2020-2024, Cara Memaksimalkan Penggunaan Data Pengaduan dan Penjangkauan Masyarakat untuk Memperkuat SP4N-LAPOR!, serta Konsultasi Publik Peraturan Menteri Baru SP4N-LAPOR!.

Untuk diketahui, SP4N-LAPOR! adalah sistem umpan balik dan pengaduan publik nasional yang menangani petisi sipil untuk meningkatkan penyediaan layanan publik. Mengimplementasikan inisiatif tersebut, UNDP dan KOICA telah menjalin kerja sama tripartit dengan Kementerian PANRB. Dengan dukungan UNDP, Kementerian PANRB telah mengembangkan Roadmap SP4N-LAPOR! 2020-2024.

Baca Juga :  Presiden Keluarkan Perpres Percepatan Govtech dan Layanan Digital Nasional

Di hari kedua, acara ini akan dilakukan diseminasi terkait pengalaman manajemen penanganan pengaduan dari enam lokasi pilot SP4N-LAPOR!, yaitu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, Kabupaten Tangerang, dan Provinsi Sumatra Barat, baik dalam sinergi, inovasi kreatif, pengembangan regulasi baru, dan menjaga kualitas layanan publik. Masyarakat dapat menyaksikan acara ini secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian PANRB atau melalui tautan https://www.youtube.com/watch?v=VPsia3PHHwY . (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *