HUT ke-64 Kementerian PANRB, Menteri Anas: Gelorakan Spirit Reformasi Birokrasi Berdampak

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat memimpin Peringatan HUT ke-64 Kementerian PANRB, di Kantor Kementerian PANRB. (Foto: Kemen PANRB)

Sinarpagibaru.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-64 hari ini, Kamis (27/07). Layaknya kapal yang mengarungi samudera, 64 tahun sudah, ombak dan badai dilalui dengan semangat dan kerja keras seluruh pegawai dan jajaran Kementerian PANRB dalam menggerakkan reformasi birokrasi di Indonesia.

“Keringat, dedikasi, dan kontribusi teman-teman semua selalu membersamai berjalannya kapal ini untuk terus melaju, menerjang gelombang-gelombang arus di tengah lautan. Tujuannya hanya satu, mengawal reformasi birokrasi agar dapat berlabuh di dermaga kesuksesan bangsa ini,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat memimpin Peringatan HUT ke-64 Kementerian PANRB, di Kantor Kementerian PANRB.

Peringatan hari jadi ke-64 tahun ini tentu tidak hanya sebagai forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, peringatan hari jadi ini dimaksudkan sebagai sarana untuk semakin menggelorakan semangat Reformasi Birokrasi Berdampak.

Anas menilai secercah harapan yang lahir 64 tahun lalu, kini menjadi garda terdepan kunci kesuksesan bangsa ini. Maka dari itu Anas menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga Kementerian PANRB yang telah berjuang dan berdedikasi tiada henti, membersamai Kementerian PANRB selama berpuluh-puluh tahun, untuk terus mendorong masa depan birokrasi.

Baca Juga :  Menteri PANRB Jajaki Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Australia Terkait Transformasi Digital

“Ingatlah, tanpa Bapak/Ibu sekalian, kapal Kementerian PANRB tidak akan berlabuh pada dermaga yang kita cita-citakan bersama,” imbuh Anas.

Menutup sambutannya, Anas meminta para masyarakat Kementerian PANRB terus mematri rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kementerian PANRB. Rasa cinta dan bangga terhadap Kementerian PANRB ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas sesuai dengan tugas pokok masing-masing pegawai.

Hal ini disampaikan Anas lewat pantun singkat sambil menutup sambutannya. “Buah tomat buah mengkudu, dibelah dua diisi keju. Selamat ulang tahun KemenpanRB-ku, semakin jaya dan teruslah maju,” pungkas Anas.

Tahun ini peringatan HUT Kementerian PANRB mengusung tema Bergerak Serempak untuk Reformasi Berdampak. Bersamaan dengan peringatan hari jadi ini, dilakukan pencanangan “Change”. Simbol “C” (Change) mengandung pengertian bahwa Kementerian PANRB sebagai penggerak/prime mover pelaksanaan reformasi birokrasi terus konsisten menciptakan dan mendorong perubahan bersama serempak seluruh K/L dan pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kini, reformasi birokrasi bergerak lebih berdampak dengan langsung menyasar pada manfaat yang dirasakan masyarakat. Simbol C (Change) juga mengandung arti bahwa ASN Kementerian PANRB/ seluruh ASN baik secara individu, institusi dan sistem terus konsisten melakukan perubahan dan pembaharuan menjadi lebih baik, lebih melayani, dan profesional sejalan dengan core values ASN BerAKHLAK.

Baca Juga :  Kemendagri Soroti Peran Strategis BPSDM Daerah Kembangkan Kompetensi ASN

Selain logo “Change”, juga dilakukan peluncuran e-Book Panduan Perilaku BerAKHLAK di Kementerian PANRB. Rangkaian acara Hari Jadi Kementerian PANRB akan berlangsung mulai 27 Juli – 17 Agustus 2023, bertepatan dengan HUT ke-78 RI.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengatakan, sebagai rangkaian HUT Kementerian PANRB, akan digelar lomba porseni antara lain bola voli, bulutangkis, tenis meja, lomba karaoke, dan lomba MC. Selain itu, akan dilaksanakan pula lomba kebersihan dan kerapihan ruangan kerja. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *