Daerah  

Keberhasilan Program Strategis Kementerian ATR/BPN Tak Luput dari Partisipasi Aktif Masyarakat

Kanwil BPN DKI Jakarta bersama Komisi II DPR RI sosialisasikan program strategis kementerian ATR/BPN kepada masyarakat DKI Jakarta. (Foto: Kanwil BPN DKI Jakarta)

JAKARTA, Sinarpagibaru.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam rencana strategis 2020-2024 memprioritaskan beberapa kegiatan Program Strategis Nasional. Salah satunya adalah melakukan percepatan pendaftaran tanah melalui program redistribusi tanah dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian ATR/BPN bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melaksanakan Sosialisasi Program Strategis tersebut kepada masyarakat.

Kali ini, Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN dilaksanakan di Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu, sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian ATR/BPN, Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan mitra kerja Komisi II DPR RI menyelenggarakan Acara Sosialisasi Program di Hotel Best Western Hive, Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (20/08/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Wartomo. Dalam sambutannya, Wartomo menyampaikan bahwa Keberhasilan pelaksanaan kegiatan program strategis Nasional (PSN) Kementerian ATR/BPN  tersebut, tentunya tidak terlepas dari partisipasi aktif masyarakat, kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta dan tidak kalah penting tentunya dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat.

“Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini kami mohon dukungan dari Bapak/Ibu sekalian yang hadir dalam Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN khususnya di Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta sehingga seluruh Program Strategis Nasional yang kami laksanakan selesai tepat waktu dan tepat sasaran sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat DKI Jakarta.” ungkap Wartomo.

Baca Juga :  Komisi II DPR RI Apresiasi Kementerian ATR/BPN Atas Keberhasilan Reforma Agraria

Pada kesempatan tersebut, Wartomo juga menyampaikan bahwa saat ini Kementerian ATR/BPN juga fokus dalam melakukan digitalisasi pelayanan pertanahan di Indonesia untuk terwujudnya percepatan pelayanan pertanahan yang berkelas dunia.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera. Di mana Mardani menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah tengah saling berkoordinasi untuk dapat memberikan Kepastian Hukum bagi masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memajukan negara dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

“Besar harapan kami sistem pertanahan di Indonesia dapat segera berkelas dunia, sehingga masyarakat mudah dan cepat dalam mengakses segala informasi pertanahan yang mereka butuhkan.” ujar Mardani.

Kemudian Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Dony Novantoro juga turut hadir dalam kegiatan tersebut dan memaparkan bahwa Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur saat ini sedang berbenah dalam menyelesaikan Residu PTSL Tahun 2018-2023 ini.

“Saat ini kami mohon dukungan masyarakat dalam penyelesaian residu PTSL di wilayah Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur. Masalah utama terjadinya Residu ini, adalah karena kurangnya kelengkapan berkas dan perbedaan luas dalam alas hak dengan kondisi lapangan. Sehingga, sesuai dengan arahan Kepala Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, kita semua dapat berkolaborasi untuk menyelesaikan semua permasalahan ini.” tutur Dony.

Baca Juga :  BPN Jakarta Pusat Raih Penghargaan Kepatuhan Predikat Tertinggi dari Ombudsman

Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan sebanyak 13 Sertipikat PTSL di wilayah Jakarta Timur. Sertipikat diserahkan secara bersama-sama oleh Wartomo selaku Kepala Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Dony Novantoro selaku Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur, dan Mardani Ali Sera dari Komisi II DPR RI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Plt. Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur, serta masyarakat Kota Administrasi Jakarta Timur. (Gtg/Hms BPN DKI)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *