Kinerja Anggaran Terbaik, Kementerian PANRB Raih Penghargaan dari Kemenkeu

Menteri PANRN Abdullah Azwar Anas Terima Penghargaan dari Kemenkeu atas Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022. (Foto: Humas Kemen PANRB)

Sinarpagibaru.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berhasil mendapatkan penghargaan atas kinerja anggaran terbaik tahun 2022. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada acara Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023 di Ballroom Dhanapala Kemenkeu, Rabu (17/05).

Kementerian PANRB menduduki peringkat kelima pada kategori Kementerian/Lembaga dengan Pagu Kecil. Dengan nilai 95,48, Kementerian PANRB mendapatkan predikat Sangat Baik.

Menteri PANRB mengatakan bahwa saat ini memiliki program Bergerak untuk Reformasi Birokrasi Berdampak. Untuk itu, kinerja birokrasi berfokus pada hilir yakni mengukur dampak kinerja yang dirasakan masyarakat.

“Penghargaan kinerja anggaran terbaik ini menunjukkan bahwa Kementerian PANRB berfokus pada dampak. Tata kelola anggaran semakin baik dari masa ke masa,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa anggaran negara harus sejalan dengan prioritas presiden. Menkeu menekankan pada level birokrasi harus melaksanakan anggaran sesuai urgensi yang telah ditetapkan oleh presiden.

Baca Juga :  Kolaborasi Empat Kementerian Cari Solusi untuk Guru Non-ASN

“Proses anggaran harus seefisien mungkin, juga menjadi lebih mudah, dan kita harus fokus pada dampak dan impact-nya. Ini kemudian akan menyebabkan seluruh energi kita melihatnya kepada hasil. Bagaimana agar impact-nya kepada kehidupan masyarakat sehari-hari dan perekonomian kita yang harus semakin maju,” ujar Sri Mulyani.

Kemenkeu memberikan pengharagaan kepada para pimpinan K/L yang memiliki kinerja anggaran terbaik berdasarkan kategori besaran nilai pagu anggaran, yaitu besar, sedang, dan kecil. K/L dengan kinerja anggaran terbaik tahun anggaran 2022 untuk kategori pagu besar adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Polri, Kejaksaan Agung Republik Indonesia, dan Mahkamah Agung. Untuk kategori sedang, K/L penerima penghargaan adalah Kementerian Dalam Negeri, BPK, Kementerian Kelautan dan Perikanan, DPR, dan BPS. Sedangkan untuk kategori kecil, penghargaan K/L dengan kinerja anggaran terbaik tahun 2022 didapatkan oleh MPR, LAN, Sekretariat Kabinet, DPD, dan Kementerian PANRB. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *