Daerah  

Peringati HANTARU 2023, Kanwil BPN Banten Akan Menggelar Khitanan Massal Gratis

Kanwil BPN Banten akan menggelar Khitanan Massal Gratis dalam memeriahkan rangkaian peringatan HANTARU 2023. (Foto: Humas BPN banten)

BANTEN, Sinarpagibaru.com – Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) merupakan perpaduan antara Hari Agraria Nasional dengan Hari Tata Ruang Nasional.

Hari Agraria Nasional diperingati mulai tanggal 24 September 1960 dimana pada tanggal tersebut ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1060 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA). Sementara, Hari Tata Ruang Nasional merupakan adaptasi dari Word Town Planning Day (WTPD) yang diselenggarakan pertama kali pada tanggal 8 November 1949 yang selanjutnya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013, 8 November diperingati sebagai Hari Tata Ruang Nasional.

Dengan bergabungnya Badan Pertanahan Nasional dengan Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi satu yakni Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2020 dan 48 Tahun 2020 sejak saat itu Hari Agraria Nasional digabungkan dengan Hari Tata Ruang Nasional menjadi Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional atau yang kita kenal dengan HANTARU.

Baca Juga :  Personel OMB DIT Samapta Polda Kaltim Berhasil Amankan KPU Provinsi Kalimantan Timur di Kota Samarinda

Tahun 2023 ini, HANTARU mengusung sebuah tema “Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju”, dalam memperingatinya baik di pusat maupun pada tingkat Kantor Wilayah BPN se-Indonesia menggelar berbagai perlombaan olahraga, forum ilmiah, perlombaan seni, bakti sosial, donor darah, penanaman pohon dan puncak perayaan HANTARU 2023.

Sejalan dengan hal tersebut, pada Kamis (14/9/2023) minggu depan nanti, Panitia Pelaksana HANTARU Kanwil BPN Banten berkolaborasi dengan Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) ATR/BPN Banten dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Serang akan menggelar Bakti Sosial yang meliputi kegiatan Khitanan Massal untuk 100 orang peserta dan Medical Check Up untuk 300 orang peserta secara gratis.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi menjadi peserta dapat melakukan pendaftaran Khitanan Massal di formulir online pada tautan https://bit.ly/khitananmasalBPNBanten2023 dan untuk Medical Check Up mendaftarkan diri pada tautan https://bit.ly/MedicalChekupBPNBanten.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan selaku Ketua Pelaksana Peringatan HANTARU 2023 Kanwil BPN Banten, Goyandi Dwi Ammar mengajak masyarakat ikut berpartisipasi, “Menariknya khitanan massal ini dilakukan dengan metode baru tanpa jarum suntik, tanpa perban, tanpa alat yang menempel dan langsung bisa beraktivitas,” ujar Goyandi.

Baca Juga :  Hadi Tjahjanto Beri Pesan Semangat kepada Siswa SMA Taruna Nusantara

Bagi yang berminat pihaknya menyampaikan peserta dapat mendaftar mendaftarkan diri pada tautan di atas dan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Saudari Putri di Nomor HP. 0896 – 9923 – 8306. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *