Peringati HUT ke-78 RI, Menteri PANRB: Lanjutkan Estafet Pembangunan untuk Indonesia Melaju!

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis (17/08). (Foto: Humas Kemen PANRB)

Sinarpagibaru.com – Hari ini Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 sejak ia dinyatakan sebagai bangsa yang merdeka. Tema peringatan HUT tahun ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memaknai tema ini layaknya maraton estafet, sebuah olahraga yang merefleksikan semangat kolektif berharmoni nan sinkron dengan irama gerak serta pikiran dari masing-masing pelari menuju satu tujuan yang sama.

“Kita harus senantiasa melanjutkan pembangunan Indonesia dengan semangat estafet, yakni saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi demi meraih tujuan bersama. Sebagai tonggak birokrasi, ASN harus menginternalisasi semangat estafet pembangunan dalam menjalankan setiap tugas,” ujar Menteri Anas saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis (17/08).

Dikatakan Anas, para ASN khususnya pegawai di Kementerian PANRB harus dapat beradaptasi dengan cepat, baik terhadap berbagai situasi maupun teknologi yang berkembang saat ini. Hal tersebut dilakukan agar ASN dapat mengatur strategi untuk terus menghasilkan kinerja maupun pelayanan publik yang berkualitas kedepannya.

Baca Juga :  Sinergi Kementerian PANRB dan UID Bali Perkuat Pemerintahan Digital

“Sebagai langkah adaptasi dan adopsi terhadap tantangan perubahan, kita bersama-sama dengan Paguyuban telah memangkas berbagai proses bisnis layanan yang memudahkan proses administrasi dan membuka jalan bagi pemerintahan yang lebih responsif. Kita telah mengejar teknologi dan terus meretas batas-batas inovasi dalam upaya memajukan negeri ini,” jelasnya.

Dalam peringatan HUT RI di Kementerian PANRB ini, juga dilaksanakan pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya bagi para pegawai yang telah mengabdi selama kurun waktu 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada para pegawai teladan, pegawai yang memasuki masa purnabakti, serta unit kerja yang memenangkan lomba kebersihan dan kearsipan.

Baca Juga :  Menteri Anas Dorong Percepatan Integrasi Layanan Digital Kabupaten Dharmasraya

Kepada para pegawai yang memasuki masa purnabakti, Menteri Anas menghaturkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas jasa dan bakti yang telah diberikan selama ini kepada instansi, bangsa, dan negara. “Selamat kepada para penerima penghargaan, jadikan momen ini sebagai sebuah semangat baru untuk meningkatkan kinerja dan terus berinovasi dengan lebih baik kedepannya,” pungkas mantan Kepala LKPP ini. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *