Sekjen KLHK Lantik Kepengurusan Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Prov. Jambi

Sekjen KLHK Lantik Kepengurusan Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Prov. Jambi. (Foto: Humas KLHK)

Sinarpagibaru.com – Ketua Umum Pimpinan Pramuka Satuan Karya (Saka) Wanabakti dan Saka Kalpataru yang sekaligus Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing dan Pengurus Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Tingkat Daerah Jambi Masa Bakti 2022-2027 di Jambi pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Bambang melantik Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jambi sebagai Ketua Majelis Pembimbing, dan Nursidah yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Batang Hari KLHK sebagai Ketua Umum Pengurus Saka Wanabakti Tingkat Daerah Prov. Jambi. Sementara untuk Saka Kalpataru, Bambang melantik Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jambi sebagai Ketua Majelis Pembimbing dan Nurbaiti, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jambi, sebagai Ketua Umum Pengurus Saka Kalpataru Tingkat Daerah Prov. Jambi Masa Bakti 2022-2027.

Gerakan Pramuka diharapkan dapat membentuk karakter kaum muda yang merupakan calon pemimpin masa depan yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Disamping itu juga memiliki pemahaman, wawasan, dan kepeduliaan lingkungan yang baik.

“Kita perlu terus membangun dan mengembangkan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru tingkat daerah, cabang, dan ranting agar Gerakan Kepramukaan dapat terus maju dan berkembang sehingga tercapai tujuan yang sedang kita upayakan bersama dan manfaatnya dapat dirasakan secara menyeluruh hingga tingkat pangkalan saka,” ujar Bambang.

Baca Juga :  Gakkum KLHK Tangkap Pelaku Illegal Logging di Sumatera Barat

Bambang mensyaratkan kesuksesan dalam pembangunan dan pengembangan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru dapat didukung dengan koordinasi dan sinergitas antara Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru dengan Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, dan Kwartir Ranting serta kerja sama dan kepedulian dari Mitra Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bambang dalam sambutannya juga mengingatkan bahwa saat ini di beberapa negara, khususnya Indonesia sedang terjadi cuaca panas ektrem yang diakibatkan oleh perubahan iklim dan pemanasan global sehingga menyebabkan suhu bumi meningkat dalam waktu singkat.

“Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mengambil langkah maju dalam pengendalian perubahan iklim ini, salah satunya adalah inisiasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. Langkah strategis yang kita lakukan agar program nasional ini tercapai yaitu Sosialisasi dan Penyusunan Rencana Operasional Sub Nasional FOLU Net Sink 2030 di seluruh Provinsi,” jelas Bambang.

Bambang meminta kepada segenap pengurus Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Tingkat Daerah Jambi untuk membantu KLHK dalam menginformasikan program FOLU Net Sink 2030 kepada masyarakat khususnya kepada Generasi Muda.

Sejalan dengan itu, Gubernur Jambi Al Haris memberikan perhatian khusus terhadap gerakan Pramuka yang ada di Provinsi Jambi. Menurutnya, secara konsinten unsur Forkompinda Provinsi Jambi selalu memberikan dukungan penuh dalam tiap kegiatan kepramukaan.

Baca Juga :  BKSDA Kaltim Lepasliarkan Tiga Individu Orangutan di Hutan Lindung Gunung Batu Mesangat

“Saya berharap kepengurusan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru yang dilantik hari ini dapat melakukan pembinaan kepada generasi muda agar memiliki pemahaman, wawasan dan kepedulian terhadap hutan dan lingkungan agar tetap lestari,” ucap Al Haris.

Selain Gubernur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jambi, acara inj turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Jambi; Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jambi; Majelis Pembimbing dalam jajaran Kwarda Jambi; Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Tingkat Daerah Jambi. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *