Daerah  

Sekjen KLHK Sampaikan Penerapan Transglobal Leadership Pada Mahasiswa UNS Solo

Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono mengisi kuliah umum bagi mahasiswa baru di Universitas Sebelas Maret di Solo, Jawa Tengah. Rabu, (23/08/2023). (Foto: Humas KLHK)

SOLO, Sinarpagibaru.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono mengisi kuliah umum bagi mahasiswa baru di Universitas Sebelas Maret di Solo, Jawa Tengah. Rabu, (23/08/2023).

Kegiatan ini dihadiri ratusan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret yang sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UNS tahun 2023.

Dalam kuliah umum tersebut Bambang memaparkan tentang penerapan Transglobal Leadership dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (LH) dan Sumber Daya Alam (SDA) Berbasis Landscape-Seascape.

“Ini penting untuk bekal mereka kelak, yang akan melanjutkan dan mengawal pembangunan pada berbagai aspek,” ujarnya.

Bambang pun mengungkapkan bahwa kepemimpinan Transglobal dibutuhkan oleh seorang pemimpin di era global, yang menekankan pada 6 (enam) elemen kecerdasan, yaitu Kognitif, Moral, Emosional, Budaya, Bisnis, dan Global Intelegensia untuk menghadapi tantangan dalam pengelolaan LH dan SDA yang semakin kompleks.

Baca Juga :  Menteri ATR/BPN Resmi Deklarasikan Kota Madiun Sebagai Kota Lengkap

Ia meyakini jika Kepemimpinan Transglobal akan efektif dalam menyelesaikan tantangan LH dan SDA, karena mengkombinasikan 5 (lima) perilaku kepemimpinan, yaitu Ketahanan terhadap Ketidakpastian, Konektivitas Tim, Fleksibilitas Pragmatis, Responsivitas Perspektif, dan Orientasi Bakat.

“Kepemimpinan Transglobal relevan dan sejalan dengan spirit Pembangunanan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang berorientasi pada keberlanjutan dan pencapaian Indonesia Maju,” imbuh Bambang.

Kehadiran Sekjen KLHK pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UNS tahun 2023 adalah dalam rangka menyebarkan spirit berbagi pengetahuan (sharing knowledge) kepada adik-adik mahasiswa baru agar lebih mengenal konsep pembangunan bangsa.

Baca Juga :  Menteri LHK: Kerja KLHK Terukur, Berdampak Pada Masyarakat

Turut hadir dalam acara tersebut kepala BP2SDM KLHK, Dekan dan Dosen Fakultas Pertanian UNS, Pejabat Eselon II KLHK terkait, dan kepala UPT KLHK lingkup Provinsi Jawa Tengah. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *