Daerah  

Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kabupaten Samosir

SAMOSIR, sinarpagibaru.com – Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-115 Tingkat Kabupaten Samosir, yang digelar di Tanah Lapang Pangururan, Senin (22/5).

Upacara Harkitnas Ke-115, diikuti oleh Forkopimda, yakni Kapolres Samosir AKBP. Yogie Hardiman, Kajari Samosir Andi Adikawira Putera, SH, MH, Anggota DPRD Samosir Saur Tua Silalahi dan Magdalena Sitinjak, Pejabat Tinggi Pratama, PJU Polres Samosir, Camat Pangururan, Danramil Pangururan, dan peserta upacara dari TNI/Polri, ASN, dan perwakilan Siswa SMA, SMP dan SD.

Dalam sambutan Plt. Menteri Kominfo M. Mahfud MD yang dibacakan oleh Wabup disampaikan bahwa, pada masa ini, di saat Kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak, mengobarkan api “Semangat untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Kita patut bersyukur pada tanggal 5 Mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut. Di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa”, ujarnya.

Plt. Menkominfo dalam sambutannya juga mengatakan, hal ini menjadi momentum untuk memaknai hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini, sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Baca Juga :  BPN Kota Depok Gelar Musyawarah Ganti Kerugian Lahan Tol Depok-Antasari

“Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga, kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Pers, Komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan Kebangkitan Bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” jelasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ia menjelaskan bahwa, perekenomian Indonesia tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% yoy, jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% yoy, dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan I Tahun 2023 juga masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% yoy, dimana hal ini menunjukan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV Tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% yoy.

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan Bangsa Indonesia,” harapnya.

Selain merayakan berbagai capaian Bangsa Indonesia, Plt. Menteri Kominfo, juga mengatakan Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita.

“Tingginya kepercayaan Dunia kepada Indonesia melalui kepiawaian Indonesia dalam memimpin Presidensi G20 pada tahun 2022, dan Forum Asean di tahun 2023, menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat Kebangkitan Nasional dalam menyambut Era Pasca Pandemi Covid-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045,” terangnya.

Baca Juga :  AHY Resmikan Gedung Kantor Pertanahan Kota Jakarta Selatan

Ia juga menyampaikan, seperti kutipan Dr Soetomo “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian Bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai Tanah Airnya”, dengan semangat yang sama pula, Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat Kebangkitan Nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama, demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Mengakhiri sambutannya, Plt. Menkominfo mengucapkan, selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua, “Berjuang, Belajar, Bertumbuh, dan Terus Melangkah Maju, dengan Semangat untuk Bangkit!” (L sijabat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *