Hari Ini, Hujan Guyur Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota Provinsi di Indonesia pada Kamis (4/1/2024). (Foto: CNN indonesia)

JAKARTA, Sinarpagibaru.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota Provinsi di Indonesia pada Kamis.

Situs resmi BMKG di Jakarta, Kamis, (4/1/2024), menyebut wilayah yang diprakirakan hujan ringan, yakni Denpasar, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Ambon, Mataram, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Sedangkan wilayah Bandung, Semarang, Ternate, Manado, dan Palembang diprediksi hujan sedang. Sementara Kota Yogyakarta diprediksi hujan lebat pada siang hari dengan kelembapan 65-95.

BMKG mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan disertai petir yang terjadi di wilayah Jambi, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Pekanbaru.

Cuaca di wilayah Jakarta Pusat, Pontianak, Palangka Raya, Kupang, dan Pekanbaru diprediksi berawan pada siang hari ini. Namun, cuaca di beberapa wilayah masih berpotensi cerah berawan pada siang hari, seperti Kota Banda Aceh, Surabaya, Samarinda, Tarakan, Bandar Lampung, dan Kota Jayapura.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Saksikan Pemecahan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyatakan bahwa potensi cuaca ekstrem masih perlu diwaspadai selama Januari 2024, akibat fenomena monsun Asia musim dingin.

“Fenomena tersebut berdampak pada potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksi cukup intensif,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) saat ini juga sudah memasuki wilayah Indonesia, dan dalam sepekan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah. (Red)

Baca Juga :  Enam Pejabat Kementerian ATR/BPN Raih Penghargaan dari DPP REI

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *