Ketum TP PKK Tito Karnavian, Motivasi Kader Se-Kaltim Jalankan Program yang Menyentuh Masyarakat

BALIKPAPAN, Sinarpagibaru.com – Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian terus memberikan motivasi dan semangat kepada kader PKK se-Kalimantan Timur (Kaltim) agar terus menjalankan program kesejahteraan yang menyentuh masyarakat luas.

Dia menegaskan, PKK adalah organisasi besar yang tidak hanya memiliki kepentingan internal, tetapi bisa langsung masuk menyentuh masyarakat melalui dasawisma.

“Setiap pengurus PKK itu bisa langsung mengobrol atau memantau kehidupan masyarakat sampai ke meja makan yang ada di rumah. Tidak ada organisasi wanita selain PKK yang bisa melakukan itu. Oleh karenanya, mari kita terus bersinergi dengan pemerintah, giat menjalankan program kesejahteraan masyarakat untuk ikut serta dalam membangun daerah,” katanya saat memberikan arahan di Dome Balikpapan pada kegiatan silaturahmi Ketua TP PKK Pusat dengan Kader PKK se-Kaltim, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga :  Menteri LHK Gelar Rapat Bentuk Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Jabodetabek

Menurut Tri, selama ini PKK sudah banyak bekerja sama dengan berbagai pihak. Untuk itu, kata dia, inovasi-inovasi yang sudah dicapai oleh masing-masing pengurus patut dihargai. Karenanya, pengurus pusat memberikan apresiasi kepada pengurus daerah atas prestasi yang sudah dicapai di tingkat kabupaten/kota.

“Yang harus diingat, selalu aktif mencari program bukan hanya bagi para pengurus, tapi berhubungan langsung dengan kesejahteraan masyarakat. Gerakan PKK bukan berdasarkan lomba, tapi program dan tujuan organisasi, sehingga kegiatan PKK dirasakan manfaatnya untuk masyarakat banyak,” jelasnya.

Senada dengan Tri, Penjabat (Pj.) Gubernur Kaltim Akmal Malik sangat mengapresiasi keberadaan PKK. Menurutnya PKK menjadi organisasi yang bisa menyentuh sampai ke akar rumput sampai dengan ranah keluarga. Bahkan organisasi besar seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kalah perannya dibandingkan dengan PKK.

“PKK bisa menyentuh sampai ke akar rumputnya melalui dasawisma. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh PKK. Bahkan seperti PBB saja kalah perannya,” ucap Akmal.

Baca Juga :  Wakili Mendagri Tutup Munaslub Apeksi, Sekjen Kemendagri Ingatkan Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat Urban

Karena itu, dirinya mengimbau seluruh kader-kader PKK di kabupaten/kota dan kecamatan di Kaltim untuk bisa saling berkolaborasi dan bersinergi.

“Ini adalah kesempatan yang baik bagi kita untuk bisa terus mengoptimalkan peran-peran PKK menjadi mitra pemerintah,” tandasnya.

(Rls/Nvr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *