Menteri ATR/BPN Buka Rangkaian Kegiatan HANTARU 2023 di Jakarta

Menteri Hadi Tjahjanto membuka rangkaian kegiatan HANTARU tahun 2023 di Kementerian ATR/BPN, Jakarta (5/9/2023). (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

JAKARTA, Sinarpagibaru.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto membuka rangkaian kegiatan Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) Tahun 2023, di lapangan Kementerian ATR/BPN, Jakarta, pada Selasa (05/09/2023). HANTARU Tahun 2023 mengusung tema “Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju”. Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon oleh Menteri ATR/Kepala BPN yang didampingi sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya serta Ketua Organisasi Profesi yang sekaligus mitra kerja Kementerian ATR/BPN.

Dalam sambutannya, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa peringatan HANTARU tahun ini berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Rangkaian HANTARU tahun sebelumnya dimulai pada 24 September untuk memperingati Hari Lahir Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) dan diakhiri pada 8 November sebagai peringatan Hari Tata Ruang. Namun, pada tahun ini, rangkaian peringatan HANTARU dimulai pada 1 September hingga peringatan puncaknya 25 September mendatang. “Peringatan HANTARU Tahun 2023 ini kita sederhanakan, namun esensinya yang terpenting adalah kita memiliki semangat untuk maju menyelesaikan permasalahan-permasalahan pertanahan dan tata ruang di seluruh Indonesia,” kata Hadi Tjahjanto.

“Termasuk kegiatan tradisi bahwa HANTARU kita akan kompres menjadi satu, yaitu hari kelahirannya 24 September karena tradisi ini harus kita pupuk dan pelihara. Hari Tata Ruang adalah ya 24 september itu juga, sehingga kegiatan-kegiatan untuk peringatan Hari Tata Ruang kita ajukan rangkaiannya yang hari ini kita buka, kegiatan olahraga, penanaman pohon, dan lain sebagainya. Namun, esensinya tidak menghilangkan hari Kelahiran atau Hari Agraria dan Tata Ruang,” tambah Menteri ATR/Kepala BPN.

Dengan mengedepankan kinerja dan kolaborasi, dikatakan Menteri ATR/Kepala BPN, Kementerian ATR/BPN harus segera menyelesaikan pekerjaan besar, yaitu digitalisasi produk pertanahan atau dalam hal ini meluncurkan Sertipikat Elektronik untuk masyarakat. “Insyaallah akhir September ini Sertipikat Elektronik untuk masyarakat sudah bisa kita launching, dan akan kami laporkan kepada Bapak Presiden, semoga Bapak Presiden berkenan untuk me-launch Sertipikat Elektronik untuk masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  BPN Kota Depok Paparkan Target Pengadaan Tanah Jalan Tol 2024

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sejatinya Sertipikat Elektronik bagi kementerian/lembaga sudah terlaksana. Namun, untuk meminimalisir kesalahan dalam sistem, Sertipikat Elektronik untuk masyarakat masih akan diuji secara berkala. “Oleh sebab itu, kehadiran dari mitra kerja Kementerian ATR/BPN akan terlibat langsung dalam proses digitalisasi atau kita melaksanakan pemberian sertipikasi secara elektronik,” ujar Hadi Tjahjanto.

HANTARU Tahun 2023 juga akan mengadakan kegiatan “Bisikan kepada Pasangan” yang diprediksi akan memecahkan Rekor MURI dalam rangka memengaruhi seluruh pegawai Kementerian ATR/BPN untuk menghindari perilaku korupsi. Kegiatan yang dimaksud ialah Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) secara serentak di seluruh satuan kerja Kementerian ATR/BPN.

“Kita akan melakukan pesan dari Bapak/Ibu yang ada di rumah, jadi seluruh pegawai akan dibisiki tiga hal, yaitu Pak/Bu, jangan korupsi ya, ingat keluarga di rumah, beri contoh yang baik untuk masyarakat. Harapannya adalah perilaku korupsi di ATR/BPN bisa hilang mulai dari atas sampai pelaksana di lapangan dan memberikan gambaran atau virus baik kepada masyarakat/kementerian/lembaga,” terang Menteri ATR/Kepala BPN.

Di akhir sambutannya, ia berpesan agar rangkaian peringatan HANTARU Tahun 2023 ini benar-benar dijadikan ajang komunikasi antara pimpinan dan pelaksana di lapangan, termasuk dengan mitra kerja agar terjadi sinergi kolaborasi yang sangat baik. “Saya senang sekali bisa berkomunikasi, berkoordinasi dengan mitra kita yang hebat-hebat ini, yang tentunya banyak memberikan kontribusi positif untuk pembangunan dan peningkatan ekonomi di Indonesia,” pungkas Hadi Tjahjanto.

Baca Juga :  Pertama Kali di Indonesia, Menteri ATR/BPN akan Serahkan Sertipikat Tanah Ulayat di Sumbar

Direktur Pengukuran dan Pemetaan Kadastral, Yuli Mardiono yang juga selaku Ketua Panitia HANTARU Tahun 2023 melaporkan bahwa rangkaian HANTARU Tahun 2023 akan diisi dengan kegiatan forum ilmiah, perlombaan olahraga dan seni, penanaman pohon, bakti sosial, serta donor darah. Sementara itu, puncak peringatan HANTARU Tahun 2023 akan dilaksanakan di setiap satuan kerja berupa upacara dan temu ramah.

Pembukaan Peringatan HANTARU Tahun 2023 dimulai dengan rangkaian defile masing-masing kontingen dari cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga HANTARU Tahun 2023. Kontingen tersebut antara lain kontingen cabang olahraga tenis lapangan, bulu tangkis, tenis meja, lari virtual, sepeda virtual, dan karate.

Hadir mengikuti upacara hari ini, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Staf Khusus Kementerian ATR/BPN; para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Tenaga Ahli Menteri; Pengurus Pusat Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian ATR/BPN; Ketua dan jajaran IKAWATI Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi DKI Jakarta dan Kanwil BPN Provinsi Banten; serta Ketua Organisasi Profesi yang juga sekaligus mitra kerja Kementerian ATR/BPN. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *