Menteri ATR/BPN Pastikan Proses Pendaftaran Tanah di Kota Palembang Berjalan Lancar

Menteri ATR/BPN Hadi Tkahjanto Serahkan Sertifikat Secara Langsung ke warga Kota Palembang. (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Sinarpagibaru.com – Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, Kementerian Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mengakselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di seluruh Indonesia hingga target 126 juta bidang tanah terdaftar pada tahun 2025 tercapai. Dari total tersebut, saat ini telah berhasil didaftarkan sebanyak 101,1 juta bidang tanah dan diterbitkan sebanyak 85 juta sertifikat tanah.

Hal tersebut melatarbelakangi kunjungan kerja Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto di Provinsi Sumatra Selatan, pada Rabu (12/04/2023). Usai menyerahkan 2.122 sertifikat aset pemerintah di Gedung Graha Bina Praja, Palembang, Sumatra Selatan, Menteri ATR/Kepala BPN menuju Kelurahan Plaju Ilir, Kota Palembang untuk menyerahkan 13 sertifikat kepada masyarakat secara door to door.

Hadi Tjahjanto mengatakan, dengan menghampiri rumah-rumah warga secara langsung, ia dapat mendengar dan memahami bagaimana permasalahan masyarakat pada saat melaksanakan proses sertifikasi tanah. “Saya juga di lapangan harus tahu ada tidak hambatan yang ada di masyarakat. Ternyata setelah tanya, semua berjalan lancar sehingga saya optimis perintah presiden untuk menyelesaikan PTSL semua berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Besok! Presiden Jokowi akan Serahkan 3.000 Sertipikat Tanah di Kabupaten Wonosobo

Ia menuturkan, proses sertifikasi PTSL di Kota Palembang berjalan lancar berkat kerja sama empat pilar, yakni Kementerian ATR/BPN dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum, dan badan peradilan. “Karena kerja sama antara pemerintah daerah dengan Kantah (Kantor Pertanahan, red) termasuk dukungan dari kepolisian maupun TNI, kejaksaan. Jadi alhamdulillah untuk di wilayah Palembang ini progres PTSL semua berjalan lancar tanpa hambatan,” tegas Menteri ATR/Kepala BPN.

Sebagai agenda akhir kunjungan kerjanya di Sumatra Selatan, Hadi Tjahjanto menyerahkan 10 sertipikat tanah wakaf di Pesantren Tahfidz Nurul Qur’an, Kota Palembang. Sertifikat yang diserahkan dengan peruntukan masjid, musala, dan pesantren ini berlokasi di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Sumatra Selatan. Pada momen penyerahan di pesantren ini, ia juga berdialog dengan santri di dalam kelas untuk memberikan semangat serta motivasi belajar.

Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN juga mendorong para pemilik wakaf dan pengurus rumah-rumah ibadah untuk tanahnya segera didaftarkan ke Kantor Pertanahan setempat. “Kementerian ATR/BPN saat ini menjalankan program sertifikasi tanah wakaf lewat Gerakan Nasional Sertifikasi Rumah Ibadah dan Pesantren. Sehingga, diharapkan seluruh rumah ibadah yang sudah diwakafkan agar segera tersertifikat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Menteri Hadi: Tata Ruang dan Pertanahan, Aspek Penting dalam Mendorong Iklim Investasi di Indonesia

Adapun dalam kegiatan ini Menteri ATR/Kepala BPN didampingi Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN; Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Selatan, Kalvyn Andar Sembiring. Turut hadir, Kepala Kantah Kota Palembang dan Wali Kota Palembang. (Gtg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *