FIFA Dinilai Lakukan Keputusan Cabut Indonesia Jadi Tuan Rumah PD U-20 Kontroversial

FIFA Dinilai Lakukan Keputusan Kontroversial pada Indonesia Selaku Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023. (Foto: Kompas.com)

Sinarpagibaru.com – Indonesia yang dibatalkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 jadi sorotan dunia. Media-media asing tak sedikit sebut aksi FIFA itu kontroversial.

Rabu (29/3) malam WIB, FIFA resmi mencoret Indonesia dari status tuan rumah Piala Dunia U-20. Itu setelah pertemuan FIFA dengan PSSI di Doha, Qatar.

“Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, mengingat situasi saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen tidak berubah. Potensi sanksi untuk PSSI kemungkinan juga akan diputuskan di kemudian hari,” tulis pernyataan FIFA.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa meski keputusan ini diambil, FIFA tetap berkomitmen untuk tetap aktif mendampingi PSSI, dalam kerja sama dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia menyusul tragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota tim FIFA akan terus berada di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan dan akan memberi pendampingan ke PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir.”

Baca Juga :  Menteri Hadi Tjahjanto Hadiri Pembukaan Pra PON Karate XXI 2023 di Kalsel

Dilansir dari media Inggris, BBC, FIFA diketahui tidak akan mengganti jadwal main Piala Dunia U-20 yakni tetap pada 20 Mei sampai 11 Juni.

Maka kini waktunya tidak banyak alias dalam hitungan satu-dua bulan. Belum lagi, tuan rumah baru haru turut diinspeksi stadion dan kawasan penyelenggaraan.

“FIFA perlu mencari tuan rumah baru secepat mungkin,” tulisnya.

Tak ayal, jadwal kompetisi sudah sangat padat. Tim-tim dari Asia misalnya, harus jalani Asian Games pada September mendatang dan dilanjutkan dengan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona kawasan benua!

Di bulan Januari tahun depan, juga ada Piala Asia 2023. Untuk tim-tim di Eropa, ada ajang Piala Eropa U-19 yang akan digelar pada bulan Juli nanti.

Argentina kabarnya menjadi salah satu peminat untuk gantikan Indonesia. Tim Tango juga mau curi kesempatan, karena sebelumnya gagal lolos ke Piala Dunia U-20 setelah babak belur di fase grup kualifikasi.

Terakhir, BBC menggarisbawahi aksi FIFA mencabut hak Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 disebut kontroversial. Isu penolakan Israel yang disinyalir jadi salah satu penyebabnya memang jadi masalah sensitif di Indonesia sejak dulu.

Baca Juga :  Jadwal Final Indonesia vs Thailand SEA Games 2023 Malam Ini

“FIFA tahu setiap keputusan untuk mencabut hak tuan rumah Indonesia akan sangat kontroversial, tetapi mereka juga sadar harus melakukan segalanya untuk melindungi pemain Israel dari potensi ancaman keamanan,” tulisnya.

FIFA dinilai memang tidak bisa ambil kompromi. Keselamatan tim peserta ada di atas segalanya. Pun sejak tahun 1977 sejak pertama kali digelar, ini bukanlah kali pertama terjadi sejarah tuan rumah Piala Dunia U-20 dicoret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *