Daerah  

Pentingnya Sosialisasi Hukum Untuk Tingkatkan Pengetahuan dan Kesadaraan Bagi Warga Binaan Rutan Depok

Ist

DEPOK, sinarpagibaru.com – Rutan Kelas 1 Cilodong Depok bersama organisasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada di Kota Depok mengadakan sosialisasi hukum dan siraman rohani bagi warga binaan Rutan Kelas 1 Depok, kegiatan tersebut bertujuan memberikan bantuan hukum kepada warga binaan.

Dalam sambutannya Andi Gunawan selaku Karutan Depok menyampaikan, pentingnya bantuan hukum serta pendampingan hukum khususnya buat warga binaan agar setiap hak – haknya tercipta serta bisa terpenuhi saat menjalani proses hukum selama dalam persidangan.

” Kami berterimakasih kepada Peradi Kota Depok dan LBH lainnya sudah menjadi mitra kerja Rutan dalam rangka memberikan bantuan hukum secara cuma – cuma kepada warga binaan saya yang membutuhkan bantuan hukum,” ucapannya Andi Gunawan, A.Md.IP S.H M.Si pada Kamis (7/9/2023) di ruang pertemuan Rutan Depok.

Baca Juga :  Gubenur Kalbar H. Sutarmiji SH. M.Hum Serahkan Secara Simbolis 3.838 Napi Dapat Remisi 78 Orang Bebas

Di tempat yang sama Ketua Peradi Kota Depok Rudy Nasution menambahkan, selama ini kita lakukan di rutan ini adalah penyuluhan hukum dan pendampingan hukum. Ada beberapa sampai berproses ke pengadilan sampai putusan.

” Dari pengalaman kita melakukan pendamping atau penyuluhan, ada kendala terkait warga binaan. Mereka sudah ditangkap sampai di Polres maupun Kejaksaan mereka dimintai surat kuasa pendampingan tetapi mereka tidak tahu siapa pengacaranya, oleh karena itu kita hadir disini,” tambahnya Rudy Nasution S.H MH.

Kerja sama yang dijalin dalam bentuk penyuluhan hukum tersebut sudah berjalan selama satu tahun.

” Kerja sama kami adalah pelayanan hukum dan konstitusi hukum kami diberi waktu selama jam kerja Kamis dan Sabtu, bagi warga binaan yang ingin konsultasi hukum silahkan. Ternyata disini banyak sedang berproses di kepolisian ada yang baru P21 ada yang sudah dakwaan ini problem mereka ini tidak tahu hukum,” ujar Ketua IKADIN Depok Khairil Poloan SH, MH.

Baca Juga :  Festival Layang-Layang, Mujiyat Ingin Ekonomi Kerakyatan Terus Bangkit

Hadir dalam acara tersebut, Karutan Depok Ketua Peradi Depok, Ketua IKADIN Depok Ketua LBPH NU Depok, PBH Peradi Depok, serta Kader Penggerak Depok.

 

(Hn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *